Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Tools Pada Adobe Lightroom Mobile

Hallo teman Desainku, buat kalian yang suka fotografi atau suka mengupload ootd di instagram, pastinya sebelum kalian mengupload ke Instagram harus di edit dulu supaya gambarnya terlihat lebih tajam atau lebih keren dari foto sebelumnya. Biasanya kalian kalo edit foto di HP menggunakan aplikasi apa sih? Vsco, Snapsheed, atau apa ? kalo saya biasanya lebih sering menggunakan Lightroom mobile, hasilnya juga ga kalah keren dari lightroom cc atau aplikasi lainya. Aplikasi edit foto ini sangat mudah di gunakan, asal kalian mengetahui komposisi yang di perlukan dari foto kalian, untuk aplikasinya sendiri kalian bisa mendownloadnya di goole playstore atau apps store. Kalian bisa login menggunakan akun Facebook, Adobe, atau Google. Di dalam aplikasinya sendiri banyak juga tools yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik gambar/foto kalian seperti;

  • Exposure/Pencahayaan

Didalam menu ini berisi pencahaayan, kontras, highlight, bayangan, rona putih, hitam. Lalu gmana untuk di aplikasikan ke fotonya??

  1. Pencahayaan : Fungsi dari effect ini untuk menerangkan dan menggelapkan foto. Jika kalian menggeser kan ke sebelah kiri, maka foto menjadi gelap, sedangkan kalian geser ke kanan maka foto kalian menjadi terang.
  2. Kontras : Effect ini untuk mepertajam foto, dimana jika kalian menggeserkanya ke kanan, maka warna hitam pada foto semakin hitam dan putih semakin terang(Semakin putih)
  3. Highlight : Effect highlight ini untuk menggelapkan atau menerangkan cahaya pada foto, sehingga jika foto kalian terlihat gelap, dengan menggunakan tool ini foto kalian terlihat lebih terang atau sebaliknya, jika foto kalian terlihat terlalu terang kalian bisa menggunakan effect ini untuk mempergelap cahaya.
  4. Bayangan : Jika foto kalian rendah/tinggi pada bayangan objek di foto kalian, kalian hanya tinggal mengaturnya di tool ini sesuai dengan kebutuhan kalian.
  5. Rona putih : Kalau menurut saya tool ini hampir mirip dengan highlight, pada dasarnya tool ini untuk mempertajam warna putih pada objek di foto kalian.
  6. Hitam : Keabalikan dari tool rona putih, bisa di bilang juga mirip dengan fungsi tool bayangan, dimana jika kalian geser tool ini ke kanan maka warna hitam pada foto akan semakin hitam, jika kalian geser ke kiri maka warna hitam di foto akan semakin low.

  • Warna

  1. Temperatur : Biasa digunakan untuk mengatur suhu pada foto, dimana jika kalian ingin menampilkan suhu dingin maka kalian geser ke kiri dan jika kalian ingin foto terlihat lebih hangat geser ke kanan.
  2. Vibrance : Untuk meningkatkan itensitas pada warna, tool vibrance ini hanya meningatkan itensitas warna yang kurang jenuh,
  3. Saturation : Digunakan untuk mengubah/mengaruhi itensitas keseluruhan pada warna secara merata, dan kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan foto kalian.

Di dalam tool Warna ini terdapat tool lain yaitu CMPRN WARNA, tool ini sama dengan tool saturation bedanya di dalam tool ini kalian bisa mengatur itensitas pada warna yang kalian pilih, misalkan kalian ingin warna merah di foto terlihat lebih terang/kontras dari warna lainya.

  • Efek

  1. Tekstur : Biasa digunakan untuk (lebih) mempertajam objek dalam foto, kalau menurut saya tool ini tidak ada kaitanya dengan kontras.
  2. Kejernihan : kalau tool ini sepertiny sama dengan tool kontras, jika kalian menggeser ke kanan maka foto akan lebih gelap dan tajam, jika sebaliknya, maka foto akan terlihat seperti buram/low (tapi tidak berpengaruh kepada kontras,pencahayaan yang telah kalian atur di dalam tool exposure.
  3. Efek kabut : Pada dasarnya efect ini digunakan untuk membuat efek kabut pada foto, jika kalian menggeserkan ke kiri maka seakan-akan foto kalian terlihat berkabut/putih, jika kalian menggeser ke kanan, maka foto nampak lebih hitam, seperti istilah fill pada photoshop
  4. Vintage : Pada umumnya,Effect ini digunakan agar foto terlihat seperti foto pada jaman dahulu, tapi tidak juga, karna saya sangat senang mengaplikasikan efek ini ke dalam foto saya, hasil dari tool ini; jika kalian menggeser ke kanan maka akan muncul warna putih di setiap sudut foto, jika sebaliknya maka akan memunculkan warna hitam pada sudut-sudut foto.
  5. Feather : Tool ini masih berhubungan dengan Vintage, jika kalian menggeser ke kanan maka warna vintage akan semakin tipis, jika sebaliknya maka warna vintage akan terlihat baku.
  6. Grain : Biasa digunakan untuk memunculkan efek seperti noise.

Nah kurang lebihnya seperti itu teman desainku, sekian dulu penjelasannya semoga bermanfaat..

Post a Comment for "Fungsi Tools Pada Adobe Lightroom Mobile"