Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Dan Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan

Kali ini ane akan berbagi info tentang jenis-jenis kertas undangan yang sering digunakan di dunia percetakan. Jenis kertas yang digunakan untuk membuat kartu undangan memang relatif banyak, namun kali ini ane akan menjelaskan tentang jenis kertas undangan yang sering digunakan atau paling umum digunakan. Info ini ane kutip dari beberapa sumber, dan ini sangat penting untuk kamu ketahui ketika kamu ingin terjun ke dunia percetakan. Apa saja jenis kertas tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini:

Art Paper

Yang pertama adalah kertas Art Paper. Kertas undangan ini memiliki permukaan yang licin dan semi doff (mate). Selain untuk keperluan cetak undangan, jenis kertas ini juga sering dipakai untuk mencetak majalah, brosur atau flayer. Cetakan yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan ketika dicetak dengan menggunakan kertas HVS. Hal ini disebabkan rasternya halus dan tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid. Apalagi jika dilaminating glossy/doff maka warnanya akan terlihat lebih maksimal lagi.

Art Paper

Gramatur art paper ini mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, dan 150gr. Biasanya ane menggunakan kertas Art Paper ini untuk membuat undangan pernikahan Hard Cover. Ane kombinasikan kertas Art Paper ini dengan Kertas Karton Padi untuk covernya dan kertas Jasmine untuk bagian isinya.

Ukuran Kertas:

  • 65 x 100 cm/Plano
  • 79 x 109 cm /Plano

Harga: Gram 85

  • 65 x 90 = Rp. 370.451,-/Rim Plano
  • 65 x 100 = Rp. 411.613,-/Rim Plano 79 x 109 = Rp. 545.292,-/Rim Plano

Art Cartoon

Kertas undangan Art Carton ini pun hampir sama dengan kertas art paper. Yang menjadi pembeda kertas undangan Art Carton dengan Art Paper adalah ketebalannya. Kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak Cover Buku, Kartu Nama, Brosur, Paper Bag, Katalog, Company Profile, Map, dan lain-lain. Gramatur art carton ini bervariasi mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr. Jenis art carton ini juga bisa digunakan untuk cetak undangan Hard Cover.

Art Cartoon

Ukuran Kertas

  • 65 x 100 cm/Plano
  • 79 x 109 cm /Plano

Harga: Gram 230

  • 79 x 109 = 1.386.500,-/Rim Plano 65 x 100 = 1.046.500,-/Rim Plano

Ivory

Kertas Undangan Ivory ini hampir sama seperti Art Carton yang membedakannya Art Carton 2 sisi kertasnya licin namun kertas Ivory hanya 1 permukaannya yang licin.

Ivory

Jenis kertas undangan ivory ini biasa digunakan untuk mencetak undangan full colour. Selain itu jenis kertas ivory ini juga bisa digunakan untuk mencetak Paper Bag dan juga Box Cosmetic karena kertas ini memiliki ketebalan yang cukup dan kokoh. Gramaturnya terdiri dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

Jasmine

Kertas undangan yang satu ini paling banyak atau sangat umum digunakan untuk keperluan cetak undangan. Kertas Jasmine ini memiliki gliter berwarna yang memberikan kesan mewah pada kertas ini. Oleh karena itu jenis kertas ini banyak digunakan untuk jenis undangan mewah. Kertas ini mempunyai banyak jenis warna diantaranya ada warna krem, abu-abu, putih, biru muda, pink, ungu, kuning, gold, dan lain-lain. Dan gramatur pada kertas ini umumnya hanyak memiliki dua jenis yaitu tebal dan tipis.

Jasmine

Ukuran Kertas: 79 x 109 cm

Harga: Rp. 4000 - Rp. 5000/plano

BW/BC/Linen/Concord

Jenis kertas ini memiliki permukaan berteksture. Biasanya kertas juga digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Kop Surat/Sertifikat. Jenis kertas ini juga memiliki banyak pilihan warna. Gramaturnya mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr.

BW - BC - Linen - Concord

Jenis kertas ini memiliki permukaan berteksture. Biasanya kertas juga digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Kop Surat/Sertifikat. Jenis kertas ini juga memiliki banyak pilihan warna. Gramaturnya mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr.

Mecy Paper

Mecy Paper

Jenis kertas ini berteksture dan ada gliter-gliter. Ada berbagai macam jenis pilihan warna, Gramaturnya seperti kertas jasmine tipis dan tebal.

Blanko Undangan

Kertas undangan blanko merupakan kertas undangan yang sudah ada motif dan desainnya. Tapi kertas blanko ini belum ada teksnya, jadi diperlukan beberapa proses lagi diantaranya printing, packing, dan labeling.

Blanko Undangan

Ukuran Kertas: Sangat bervariasi tergantung desain

Harga: Bervariasi ada yang Rp. 325,-, Rp. 800,-, Rp. 1,400,- dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa melihat contoh kertas undangan blanko ini pada link berikut:

  • Kertas Blanko ERBA
  • Kertas Blanko Mazaya
  • Kertas Blanko BBM

Beberapa jenis kertas diatas merupakan jenis kertas yang paling umum digunakan untuk membuat undangan pernikahan maupun khitanan. Penting untuk kamu pahami dan pelajari jenis-jenis kertas tersebut agar kamu bisa membuat kreasi desain undangan yang beragam.

Demikian penjelasan tentang jenis kertas undangan yang sering digunakan kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.

3 comments for "Harga Dan Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan"

  1. untuk cetak undangan pernikahan menggunakan printer epson yang hasilnya bagus sebaiknya menggunakan jenis kertas apakah bang

    ReplyDelete
  2. Tergantung tinta yang mau digunakan,
    kalau tinta standar bawaan epson bisa digunakan pada bahan BW / BC / LINEN / CONCORD.

    saya sering menggunakan bahan BC karena mudah didapat di toko daerah saya.

    ReplyDelete
  3. Wisuda merupakan acara yang menyenangkan, untuk itu kamu harus tahu jenis kain toga yang berkualitas

    ReplyDelete