Kegunaan Dasar Adobe Photoshop Untuk Melakukan Tugas Seorang Desainer

Hallo sahabat Desainku. Kali ini kita akan membahas kegunaan dasar Adobe Photoshop untuk melakukan tugas seorang desainer. Langsung saja kita ke pembahasannya sebagai berikut.

Kegunaan Dasar Adobe Photoshop Untuk Melakukan Tugas Seorang Desainer

Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur desain grafis dan olah fotonya. Toolbox yang tersedia dapat dipahami dan digunakan secara mudah dan cepat oleh pengguna yang belum berpengalaman sekalipun. Penggunaan Layer untuk memisahkan antar komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya.

Untuk mempercantik foto atau gambar, Adobe Photoshop juga menyediakan fitur Filter yang bisa dipakai secara instan.

Kegunaan Dasar Adobe Photoshop Untuk Melakukan Tugas Seorang Desainer

Pada dasarnya Adobe Photoshop juga di gunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti:

  1. Membuat tulisan dengan efek tertentu.
  2. Kelebihannya Adobe Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik dan dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya.

  3. Membuat tekstur dan material yang beragam dengan langkah-langkah tertentu.
  4. Misalnya, seorang desainer bisa membuat gambar. Contoh: daun, logam, air, dan yang lainnya.

  5. Untuk membuat logo.
  6. Misalnya, seorang desainer bisa membuat logo. Contoh: logo produk, logo perusahaan, logo tempat wisata, dan yang lainnya.

  7. Aplikasi seni digital.
  8. Aplikasi seni digital ini bisa menggunakan Adobe Ilustrasion, karena menghasilkan karya ilustrasi grafis yang bersih, tetapi tetap saja menyarankan Adobe Photoshop. Karena membutuhkan detail yang sangat cermat dan manipulasi foto.

  9. Untuk membuat sketsa dan wirefram.
  10. Sketsa dan wirefram adalah kerangka cetak biru yang biasanya menjadi landasan awal dari semua satuan yang berwujud desain.

  11. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
  12. Dalam mengedit foto dan gambar yang sudah ada, kita dapat memotong gambar, menghapus background yang tidak perlu pada gambar atau menambah objek pada gambar dan masih banyak lagi yang bisa di lakukan sesuai keinginan desainernya sendiri.

  13. Memproses materi Web.
  14. Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

Adobe Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Adobe Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

  • PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran Adobe Photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • PSB, adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb
  • PDD, adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Dalam Adobe Photoshop juga ada beberapa tools, tetapi disini hanya tools yang populer yang kita tulis, seperti:

Brush,healing, type, clone stamp,blur, image adjustment dan filter. Di gunakan oleh desainer, seniman, fotografer, pembuat film, dan video ilustrator. Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya.

Dalam beberapa tutorial Adobe Photoshop ada yang di sebut dengan palet layer. Palet ini memang kita anggap termasuk sesuatu yang utama dalam Adobe Photoshop. Karena palet ini berfungsi untuk mengorganisir layer (lapisan gambar) yang kita olah/edit. Mengorganisir yang kita maksudkan tadi adalah untuk memilih, mengatur posisi, menggandakan, menghapus dan sebagainya. Saat kita bekerja dengan Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop juga memiliki sebuah kelemahan seperti:

Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Adobe Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

Sekian untuk pembahasan kali ini tentang kegunaan dasar Adobe Photoshop untuk melakukan tugas seorang desainer menurut Desainku. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Kegunaan Dasar Adobe Photoshop Untuk Melakukan Tugas Seorang Desainer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel