Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Kelebihan Adobe Lightroom Dengan Photoshop Biasa

Lightroom yang bernama lengkap Adobe Photoshop Lightroom adalah sebuah program software buatan Adobe yang khusus diperuntukan untuk dunia fotografi. Software ini dirancang sebagai alat pembantu untuk mengelola, mengolah dan mengedit foto digital pada komputer. Jika demikian bukankah sama dengan Adobe Photoshop biasa? Tentu saja berbeda, karena Photoshop merupakan program editing grafis. Disinilah letak perbedaannya, dimana Photoshop biasa digunakan untuk retouch foto serta membuat efek manipulasi foto. Sedangkan Lightroom dipergunakan lebih ke retouch foto dan permainan efek warna dengan lebih bervariasi. Jadi kelebihan Adobe Lightroom memang terletal pada pengolahan tonal-tonal warna foto yang lengkap serta lebih mudah.

Tampilan pada Adobe Photoshop Lightroom :

Pengertian Dan Kelebihan Adobe Lightroom Dengan Photoshop Biasa

Sejarah Adobe Photoshop Lightroom

Pada tahun 1999, pengembang Photoshop veteran Mark Hamburg memulai proyek baru, dengan nama kode Shadowland. Hamburg dihubungi Andrei Herasimchuk, mantan desainer antarmuka untuk Adobe Creative Suite, untuk mendapatkan proyek dari tanah. Proyek baru adalah keberangkatan yang disengaja dari banyak konvensi didirikan Adobe. 40% dari Photoshop Lightroom ditulis menggunakan bahasa scripting Lua. Setelah beberapa tahun penelitian oleh Hamburg, Herasimchuk, Sandy Alves, mantan desainer antarmuka di tim Photoshop, dan Grace Kim, seorang peneliti produk di Adobe, proyek Shadowland mendapat momentum sekitar tahun 2004. Namun, Herasimchuk memilih untuk meninggalkan Adobe Systems di waktu itu untuk memulai sebuah perusahaan desain Silicon Valley. Hamburg kemudian memilih Phil Clevenger, mantan rekan Kai Krause, untuk menciptakan tampilan baru untuk aplikasi.

Photoshop Lightroom bakat rekayasa sebagian besar didasarkan di Minnesota, yang terdiri dari tim yang telah menciptakan program Adobe ImageReady. Troy Gaul, Melissa Gaul, dan kru mereka (dilaporkan dikenal sebagai "Minnesota Phats"), bersama dengan Hamburg, mengembangkan arsitektur balik aplikasi. George Jardine, seorang fotografer yang terampil dan sebelum Adobe penginjil, bulat tim awal, mengisi peran Product Manager.

Kelebihan Adobe Photoshop Lightroom

Kelebihan Adobe Lightroom pada permainan efek warna membuat software ini banyak digunakan fotografer dunia, sedangkan tool-tool dan fitur untuk manipulasi Photoshop membuatnya banyak dipakai oleh para “Photoshoper”. Bahkan sebuah survei membuktikan bahwa hampir 90% fotografer di Amerika Serikat menggunakan Adobe Ligtroom untuk olah digital foto mereka dan 10% menggunakan Photoshop biasa. Sebaliknya di Indonesia justru kemungkinan adalah 90% menggunakan Photoshop biasa dan 10% menggunakan Adobe Lightroom. Sebenarnya tidak salah juga jika banyak fotografer yang menggunakan Photoshop. Hanya saja jika mau melihat lebih jauh mengenai kelebihan Adobe Ligtroom agaknya akan banyak fotografer yang beralih ke software ini. Berikut ini kami tuliskan secara ringkas mengenai beberapa kelebihan yang dimiliki Lightroom dibanding Photoshop :

Fitur-fitur yang Mendukung Fotografi

Dalam dunia fotografi sebenarnya efek manipulasi dan perubahan komposisi warna “haram” untuk digunakan. Yang diperbolehkan hanyalah pengaturan gelap terangnya, pengendalian efek noise foto, croping, serta editing warna yang juga tidak terlalu ekstrim. Nah, dalam Lightroom Anda akan menemukan banyak fitur yang membantu dalam hal tersebut, lebih banyak dari Photoshop. Selain itu pengaturan resolusi dan ukuran foto juga tersedia dalam Lightroom. Tidak lupa juga fitur pembuatan watermark untuk dipasang pada foto hasil karya fotografer.

Dapat Dihubungkan dengan Kamera Secara Live

Banyak sekali fotografer profesional yang menyambungkan perangkat kamera mereka pada komputer saat kegiatan pemotretan di studio. Lightroom menjadi software penampil hasil foto yang baru saja diambil dengan cepat. Tentu saja ini sangat membantu agar fotografer maupun client dapat melihat secara langsung dan lebih jelas hasil yang foto tanpa harus melakukan transfer data terlebih dahulu. Fitur ini dapat dilakukan dengan catatan kamera yang kompatibel dan memiliki fitur penghubung ke kabel USB komputer.

Editing Warna yang Lengkap

Ini juga menjadi salah satu kelebihan Adobe Lightroom karena menawarkan fitur pengaturan HSL (Hue, Saturation dan Luminance). Selain itu tersedia juga fungsi-fungsi untuk mengedit White Balance, Tonal, Lens Correction, Presence dan lain-lain. Bandingkan dengan Photoshop biasa yang harus menggunakan plugin tambahan untuk mendapatkan fitur pengaturan White Balance.

Fitur Pembersihan Objek Foto

Jika Photoshop biasa memiliki Clone Stamp, Spot Healing Brush dan Brush Tool untuk membersihkan objek foto yang noise atau kurang bersih, maka Lightroom memiliki Spot Removal dan Adjusment Brush yang kemampuannya lebih baik. Tool tersebut efektif membersihkan bintik-bintik maupun jerawat pada wajah. Bahkan Adjusment Brush mampu mengedit bagian tertentu dari foto.

History Tidak Hilang pada Lightroom

Apabila Anda selesai mengedit foto pada Photoshop dan menutupnya dalam format JPEG, maka secara otomatis history editing akan menghilang. History tetap ada apabila Anda menyimpan gambar dengan format PSD. Berbeda dengan Lightroom yang tetap memiliki history meskipun foto sudah ditutup dengan format apapun atau bahkan sampai komputer di matikan dan dihidupkan lagi.

Mendukung Foto Resolusi Tinggi

Kamera DSLR dikenal sebagai kamera yang selalu menghasilkan foto berukuran besar dan resolusi tinggi. Banyak software yang berat untuk memuat foto besar terutama dengan format RAW. Disinilah Lightroom mempunyai kelebihan untuk mengolah foto resolusi tinggi. Selain itu, Lightroom versi terbaru juga mampu mendukung layar komputer beresolusi tinggi seperti Retina Display di Library maupun Develop Module.

Demikian beberapa kelebihan Adobe Lightroom. Yang pasti software ini cocok bagi fotografer yang ingin mengolah foto dengan mengubah warna, tonal, mengatur kecerahan dan gelap, membersihkan noise maupun memberi efek warna lain. Anda dapat dengan mudah mengedit foto genre High key dan Low key dengan Lightroom dibandingkan menggunakan Photoshop.

Post a Comment for "Pengertian Dan Kelebihan Adobe Lightroom Dengan Photoshop Biasa"