Membuat Penyesuaian Warna Pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memperbaiki eksposur pada Adobe Photoshop, sekarang kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Membuat Penyesuaian Warna Pada Adobe Photoshop

Jika kita telah menyesuaikan white balance pada kamera kita dengan benar, kita tidak perlu melakukan koreksi warna pada foto yang dihasilkan. Menggunakan white balance yang tidak benar akan menghasilkan warna yang dilemparkan, dan itu secara dramatis dapat mempengaruhi getaran, saturasi, dan kontras foto kita.

Membuat Penyesuaian Warna Pada Adobe Photoshop

Katakanlah foto kita memiliki sedikit semburat biru padanya. kita dapat membiarkannya seperti itu jika kita menyukainya, tetapi jika kita ingin foto kita memiliki warna yang lebih akurat, alat pada Adobe Photoshop dapat membantu kita memperbaikinya. Alat paling sederhana untuk ini adalah Color Balance, yang memungkinkan kita menyesuaikan warna shadows, midtone, atau highlight gambar kita, atau Selective Color, yang memungkinkan kita memilih warna tertentu dalam gambar dan hanya mengubah warna-warna itu. Misalnya, jika kulit model kita tampak terlalu kuning atau merah, Selective Color memungkinkan kita melakukan penyesuaian pada kulit tanpa memengaruhi warna lain dalam gambar.

Selalu ingat untuk membuat lapisan penyesuaian Filter Foto sehingga kita dapat memodifikasi warna gambar kita sambil mempertahankan yang asli. Pertama, buka gambar yang kita pilih di Adobe Photoshop. Klik ikon Adjustment Layer di panel Layers, dan pilih Filter Foto yang kita inginkan. kita juga dapat menerapkan filter foto sebagai penyesuaian langsung (Image> Adjustments> Photo Filter), karena filter ini memberikan layer mask untuk mengedit hanya sebagian dari foto kita sambil melindungi foto asli dari perubahan permanen.

Cara menggunakan Color Balance pada Adobe Photoshop:

  • Klik Gambar di Bilah Menu, lalu klik Adjustment, lalu Color Balance.
  • Pilih nada mana dalam gambar yang ingin kita ubah (shadows, midtone, atau highlight).
  • Centang kotak Preserve Luminosity.
  • Centang kotak Preview untuk melihat adjustment kita secara real time.
  • Gerakkan bilah geser untuk mencapai color balance yang kita inginkan.

Cara menggunakan Warna Selektif pada Adobe Photoshop:

  • Klik pada Gambar di Bilah Menu, lalu klik pada Penyesuaian, lalu Warna Selektif.
  • Centang kotak Preview untuk melihat penyesuaian kita secara real time.
  • Pilih dari Relatif (perubahan yang lebih halus) atau Mutlak.
  • Pilih warna dari menu drop-down yang ingin kita sesuaikan.
  • Gerakkan bilah geser untuk menambah atau mengurangi warna yang dilemparkan dari warna pilihan kita.

Kita juga dapat menggunakan Vibrance, Hue / Saturation, atau Channel Mixer (di bawah Adjustment) untuk koreksi warna. Jika itu tidak cukup, kita juga dapat memvisualisasikan bagaimana kita ingin warna dalam gambar kita terlihat seperti menggunakan Color Wheel Color Picker. Pembaruan pada Adobe Photoshop CC 2019 ini memungkinkan kita untuk melihat dan memilih warna tertentu, dari kelompok yang harmonis hingga warna yang saling melengkapi dan analog. Kita dapat melakukan ini dengan memilih opsi Roda Warna dari menu fly-out panel Warna.

Alat Dodge dan Burn, di sisi lain, memungkinkan kita untuk menyorot atau menggelapkan area tertentu di foto kita untuk memberikan tekstur atau karakter tambahan.

Cara menggunakan Dodge and Burn Tools pada Adobe Photoshop:

  • Buat layer baru dan atur mode ke Overlay.
  • Centang kotak yang mengatakan, "isi dengan warna overlay-neutral (50% abu-abu)." Dengan melakukannya, kita dapat menerapkan penyesuaian penghindaran dan pembakaran tanpa memanipulasi gambar asli.
  • Pilih Dodge Tool dan atur kuas kita ke pengaturan yang lebih kecil dan lebih lembut.
  • Warnai area tertentu yang ingin kita cerahkan menggunakan Dodge Tool dan menggelapkan area menggunakan Burn Tool.
  • Ingatlah untuk menggunakan pengaturan sikat lembut dan lakukan goresan yang lebih kecil agar tidak berlebihan efeknya.

Hanya sekian pembahasan tentang penyesuaian warna pada Adobe Photoshop menurut Desainku. Selamat mencoba dan terima kasih.

0 Response to "Membuat Penyesuaian Warna Pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel