Fungsi Adobe Photoshop

Hai sahabat Desainku.Sebelumnya kita sudah membahas apa pengertian Adobe Photoshop.Sekarang kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu fungsi Adobe Photoshop.

Berikut adalah pembahasannya.

Fungsi Adobe Photoshop

Fungsi Adobe Photoshop

Sebenarnya fungsi utama dari Adobe Photoshop hanyalah untuk aplikasi pengedit foto ataupun gambar dengan tipe raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi pengedit gambar, fungsi Adobe Photoshop dapat dijabarkan lebih khusus lagi, yaitu untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar.

Fungsi Adobe Photoshop untuk mempercantik gambar yaitu dengan cara menghaluskan atau objek, dimana hal ini dilakukan agar gambar tersebut terlihat lebih menarik dan indah. Fungsi Adobe Photoshop juga untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya. Dan fungsi Adobe Photoshop untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, brosur, spanduk, dan poster.

Adapun fungsi Adobe Photoshop secara teknik:

  1. Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
  2. Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
  3. Memberi atau merubah warna.
  4. Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar.
  5. Mempertajam warna dan kualitas gambar.
  6. Membersihkan atau memperindah gambar.
  7. Mengaburkan gambar agar terlihat samar-samar.
  8. Meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih terang.
  9. Memotong gambar.

Pada aplikasi Adobe Photoshop terdapat beberapa bagian penting lain yang juga memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Bagian-bagian tersebut seperti tool,menu,toolbox,layer, dan lainnya. Berikut adalah beberapa bagian penting Adobe Photoshop beserta fungsinya :

  1. Layer : sebagai kanvas tempat mendesain gambar. Di dalam Photoshop kita dapat menggunakan lebih dari satu layer. Kelebihan dalam pemakaian banyak layer adalah setiap desain pada satu layer tidak akan mengganggu suatu desain pada layer lain. Dan semua desain yang ada pada layer-layer bisa dikombinasikan menjadi satu gambar.
  2. Tool : alat-alat yang digunakan untuk mendesain atau menyunting gambar.
  3. Menu : tempat utama dimana semua tool Photoshop berada. Menu inti yang ada di Photoshop : File, Layer,Edit, Image, Window, Select, 3D,Filter, Analysis, View, dan Help.
  4. Toolbox : tempat khusus yang menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah dilihat dan dipakai.

Hanya sekian fungsi Adobe Photoshop menurut Desainku.Terima kasih.

0 Response to "Fungsi Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel