Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan Mudah

Hallo sahabat Desainku. Kemarin kita sudah membahas Cara Membuat Stempel pada Adobe Photoshop dengan Mudah, sekarang kita lanjut pada kegunaan Adobe Photoshop yang berikutnya yaitu crop foto.

Dalam dunia multimedia, terutama di bidang fotografi, sering kita melihat berbagai macam objek yang dipotret dengan begitu cantiknya dengan menggunakan kamera lalu kemudian diedit dan dicetak.

Seringkali juga kita melihat berbagai macam objek yang di edit sedemikian rupa sehingga terdapat beberapa objek janggal yang tidak semestinya berada di situ namun bisa dengan apiknya terdapat dalam satu frame.

Contohnya gambar orang yang sedang berdiri dengan gambar langit sebagai latar belakangnya. Kedua hal tersebut memang bukan hal yang mustahil terjadi di dunia nyata, namun rasio keberadaannya sangatlah kecil. Namun hal tersebut bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau software pihak ketiga. Salah satunya adalah Adobe Photoshop.

Sekarang mari kita belajar cara crof foto sebagai berikut.

Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan Mudah

Metode atau teknik cropping adalah salah satu metode atau teknik yang dapat kita lakukan untuk dapat memilih suatu objek dalam suatu gambar dan memisahkannya untuk kemudian dipindahkan ke area kerja yang lain.

Kita pun dapat melakukan metode cropping ini dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Pada pembahasan kali ini, kita akan menjabarkan sedikit mengenai cara melakukan teknik cropping dengan menggunakan Adobe Photosop. Mari kita simak langkah-langkah cara crop foto di Photoshop dengan mudah sebagai berikut.

  1. Download dan install aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian buka aplikasi tersebut.
  2. Selanjutnya silakan buka ( File > Open ) untuk membuka file yang ingin kita crop.
  3. Kemudian akan terbuka halaman Open. Di sini kita bisa memilih gambar yang ingin kita crop. Pilih gambar yang diinginkan kemudian klik Open.
  4. Selanjutnya kita akan kembali ke Adobe Photoshop dan akan langsung dihadapkan dengan lembar kerja yang menampilkan gambar yang sebelumnya sudah kita pilih.
  5. Pada tab seelah kiri, silakan pilih tool bernama Quick Selection Tool.
  6. Setelah kita mengklik tool, maka kursor akan berubah menjadi Quick Selection Tool. Kita juga dapa melihat menu Quick Selection di bagian atas. Kita dapat mulai melakukan selection atau pemilihan area yang akan dicrop. Silakan sesuaikan seleksi sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita rasa kurang tepat, kita dapat melakukan zoom in kemudian jika dirasa seleksi yang kita lakukan kelebihan, kita dapat menguranginya dengan mengklik icon Substract form Selection, namun jika dirasa masih kurang, silakan klik icon Add to Selection. Kedua icon tersebut ada di menu bagian atas. Setelah proses selection atau seleksi selesai, silakan pastikan bahwa objek tersebut adalah betul objek yang akan kita seleksi untuk dicrop dengan mengklik tombol ( CTRL+SHIFT+I ).
  7. Silahkan buat lembar kerja baru dengan mengklik CTRL+N. Setelah lembar kerja baru terbuka, silakan pastekan objek yang sebelumnya telah kita crop dengan mengklik CTRL+V. Dan hasilnya seperti gambar berikut.

    Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan MudahSESUDAH

    Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan MudahSEBELUM

Hanya sekian cara mengcrop foto pada Adobe Photoshop menurut Desainku. Selamat mencoba dan terima kasih.

0 Response to "Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel