Ads

IDEKU DESAINKU

Desain grafis (ENG: Graphic Designer) merupakan sebuah profesi menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi atau grafis motion.

Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk dicetak atau dipublikasikan, baik itu media cetak atau elektronik. Mereka bertanggungjawab untuk sebuah tampilan menarik yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk media. selain itu mereka bertugas untuk menyampaikan pesan informasi yang diinginkan oleh klien dalam bentuk desain.

IDEKU DESAINKU

Menurut saya seorang Desainer grafis adalah seorang yang sangat luar biasa boleh dikatakan sebagai Pencipta, karena bertugas menciptakan susasana, menyampaikan pesan khusus dalam bentuk statis, yang karyanya harus mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain.

Bagaimana mereka bisa seperti itu? apa saja alat yang digunakan? darimana ide mereka?

Proses Penciptaan Karya dengan prinsip Ideku Desainku

Banyak yang beranggapan bahwa jadi Desainer itu susah atau ada yang berfikiran desain itu mudah dibuat. tetapi ga ada yang semudah membalikan telapak tangan, dan ga ada yang ngga bisa dipelajari.

Bagi anda yang baru mau belajar Desain Grafis jangan khawatir atas kegagalan, atau merasa gambarnya selalu kurang memuasakan. Nikmati prosesnya dan terus berkarya.

Disini saya akan bahas beberapa faktor yang mendukung seorang Desainer Grafis:

Penggalian Informasi Klien

Sebuah karya tidak tercipta dengan serta merta, terlahir dari tumpukan jerami atau muncul dari belahan batu, Maka untuk memudahkan dalam membuat sebuah desain kita harus menggali informasi dari klien terkait desain yang akan dibuat. contohya m ketika klien menginginkan sebuah logo brand perusahaanya, tentu kita akan menggali setidaknya:
  • Perusahaanya bergerak dalam bidang apa? agar supaya logo yang kita buat sesuai dengan produk yang mereka buat
  • Bagimana karakter perusahaan tersut? agar desain yang dibuat bisa mwakili citra perusahaan tersebut
  • Mennayakan keinginan klien.
Sebelum melakukan perancangan desain kita harus menggali informasi awalsebagai dasar pembuatan desain.

Proses Perancangan

Perancangan Desain Manual
Setelah menggali informasi yang cukup, kini saatnya merancang desainnya. Biasanya sebuah desain berawal dari sketch manual dengan proses sebagi berikut:
  • Mulailah membuat seketsa pada kertas, kertasnya bisa apa aja mau HVS ataupun sketchbook dan menggunakan pensil agar mudah untuk menghapus
  • Buatlah beberapa desain agar nanti ada beberapa referensi
  • Setelah selesai, scan gambar tersebut dengan mesin scanner untuk nanti di olah lagi dengan menggunakan software editing
Nah, setelah proses menggambar manual kini saatnya mengolah desain di software diting kesukaan, banyak software editing yang bisa mendukung dan mempercepat projek kita seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw Dll. Mulailah dengan memperbaiki gambar manual kita menjadi digital dan poles sehingga desain kita menjadi mewah.

Templating atau Mockup

Setelah desain kita selesai kini saatnya kita mempresentasikan hasil desain kita kepada klien untuk dapat tanggapan darinya. Namun supaya logo kita lebih menarik dilihat, buatlah desain kita pada contoh atau sample produk dengan cara templating atau mockup, misalnya:
  • Logo dibuat pada mockup kartu nama
  • Mockup Logo Pada Kartu Nama
  • logo dibuat pada wall/dinding
  • Mockup Logo Pada Dinding
  • Logo dibuat pada Merchendise
  • Mockup Logo Pada Merchendise

0 Response to "IDEKU DESAINKU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel