Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Macam Desainer Yang Kreatif

Pekerjaan apa yang menarik dan penuh dengan tantangan? Jika kamu suka dengan tantangan untuk menemukan hal-hal baru yang membutuhkan kreativitas, maka menjadi seorang desainer adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan menjadi desainer, kamu bisa merubah suatu konsep yang sifanya abstrak menjadi hal baru yang bersifat kongkrit atau nyata dan bisa dimengerti oleh indera manusia.

Menjadi seorang desainer tidak hanya harus bisa merancang desain yang bagus dan menarik. Selain kreativitas yang diperlukan oleh seorang desainer, ia juga harus memiliki wawasan yang luas tentang hal-hal yang ada di lingkungan sekitar.

Macam-macam Desainer yang Bisa Dijadikan Profesi

1. Arsitek

Arsitek

Keberadaan bangunan fisik berupa rumah pribadi maupun bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pusat pertokoan, hotel, villa, dan apartemen merupakan peran seorang arsitek. Merekalah yang merancang desain bangunan tersebut agar bangunan tersebut tak hanya memiliki nilai fungsional, tapi juga mempunyai nilai estetika yang bisa dinikmati oleh khalayak.

Apa saja pekerjaan seorang arsitek? Kamu tertarik menjadi seorang arsitek? Tentu ada persyaratan dan kriteria yang harus kamu dipenuhi. Kamu harus memiliki latar belakang pendidikan di bidang arsitek. Ruang lingkup pekerjaan arsitek yaitu konsultasi rancangan desain kepada klien, menyediakan gambar desain secara detail, bekerjasama dengan kontraktor, meninjau lokasi proyek, dan lain-lain.

2. Desainer Otomotif

Desainer Otomotif

Desain otomotif erat hubungannya dengan desain produk atau desain industri yang mencakup pengembangan kendaraan jalanan. Misalnya desain mobil, desain bus, desain truk, desain motor, dan sebagainya. Pekerjaan seorang desainer otomotif yaitu merancangan konsep desain mulai dari sketsa baik manual maupun penggunaan sofware desain 3D seperti program CAD (computer-aided-design).

Rancangan desain otomotif meliputi bagian luar (eksterior), bagian dalam (interior) mobil hingga konsep pewarnaan dan material mobil. Profesi ini banyak diperlukan oleh perusahaan otomotif yang umumnya dilakukan oleh mereka yang telah menempuh pendidikan terutama di bidang desain produk atau industri.

3. Desainer Fashion

Desainer Fashion

Suka membuat sketsa rancangan busana? Profesi ini pasti cocok buat kamu yang suka mendesain busana yaitu fashion designer. Profesi ini sangat hits dan banyak diminati oleh mereka yang menyukai dunia fashion. Ruang lingkup pekerjaan desainer fashion yang utama yaitu membuat rancangan desain aneka produk fashion pria dan wanita seperti desain pakaian atau baju, desain sepatu, desain hijab, desain celana, desain perhiasan, desain aksesoris fashion, dan lainnya.

Mereka yang ingin berkarier sebagai fashion designer bisa menempuh pendidikan formal di bidang fashion design. Meskipun banyak pula fashion designer yang tidak menempuh jalur formal dan mengandalkan keterampilan dan kemampuannya dalam merancang busana.

4. Desainer Interior

Desainer Interior

Kamu pasti pernah berada di suatu ruangan yang telah ditata sedemikian rupa, sehingga terasa nyaman dan enak dilihat. Perlu kamu ketahui ruangan yang terlihat bagus dan estetis itu merupakan hasil rancangan para desainer interior. Desain interior erat kaitannya dengan bidang arsitek sehingga tak mengherankan jika banyak arsitek yang memiliki kecakapan dalam mendesain ruangan.

Tertarik menjadi desainer interior? Untuk menekuni bidang desain interior ini, kamu perlu menempuh pendidikan desain interior atau arsitek di lembaga pendidikan tinggi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan mereka yang berasal dari bidang lain menekuni bidang ini. tugas seorang desainer interior yaitu merancang dan menata ruangan lewat sketsa manual maupun komputer agar memiliki nilai fungsional dan membuat orang yang berada di dalamnya merasa betah dan nyaman.

5. Desainer Produk

Desainer Produk

Kamu pasti sering memakai berbagai macam perlengkapan sehari-hari seperti peralatan elektronik atau perabotan rumah tangga dan kantor hingga peralatan mesin industri. Pernahkah kamu memperhatikan bentuk desain produk-produk tersebut? Aneka ragam perlengkapan sehari-hari yang sering kamu pakai itu telah direncanakan dan didesain sedemikian rupa sehingga ergonomis atau mudah dipakai dan bisa membantu manusia dalam melakukan kegiatannya.

Desainer produk harus memiliki kesadaran visual atau kreativitas yang tinggi untuk bisa menciptakan rancangan dan prototipe produk yang berkualitas sebelum diluncurkan ke pasaran. Tak cuma merancang produk semata, desainer produk juga harus memikirkan nilai komersial dari produk yang diciptakan agar memiliki nilai jual yang tinggi.

6. Desainer Web

Desainer Web

Perkembangan dunia internet yang semakin pesat membuat profesi web designer banyak diminati. Pekerjaan utama desainer web adalah merancang tampilan atau layout (user interface) website dengan memakai program komputer. Dalam menjalankan tugasnya, desainer web harus mempertimbangkan beberapa hal penting. Selain tampilan website yang bagus dan menarik secara estetika, web designer harus memperhatikan aspek kenyamanan dan interaksi pengguna agar informasi dalam website dapat tersampaikan dengan baik.

7. Desainer Grafis

Desainer Grafis

Profesi desainer grafis banyak diminati oleh orang-orang karena mempunyai prospek kerja yang bagus. Lapangan kerja yang tersedia untuk desainer grafis seperti advertising agency, branding agency, studio desain, percetakan, biro reklame, perusahaan umum atau membuka usaha jasa desain grafis.

Seorang desainer grafis tidak hanya sebatas mendesain logo, brosur, kalender, katalog atau media-media promosi lainnya dengan menggunakan software komputer grafis. Desainer grafis juga harus bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh kliennya dengan menghadirkan rancangan komunikasi visual melalui media.

Post a Comment for "7 Macam Desainer Yang Kreatif"