Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Desain Logo Keren

Membuat Desain Logo Keren

Awali usaha baru kamu dengan pilihan yang tepat dengan membuat logo yang mengesankan. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya logo dan bahkan sudah hafal dengan desain logo ikonik seperti Nike, Adidas maupun Apple.

Logo memang merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Logo yang baik memberikan impresi yang baik pula bagi bisnis serta membuat brand lebih mudah dikenali. Selain itu, dengan branding yang tepat logo akan memberikan kesan profesional dan terpercaya. Tentunya masih banyak lagi manfaat dan pengtingnya logo untuk bisnis kamu.

Untuk itu, bagi kamu yang mau memulai usaha, membuat merek dagang, komunitas, atau organisasi dan membutuhkan desian logo keren tapi dengan proses yang tidak membuat kantong bolong. Kamu bisa ikuti langkah-langkah cara membuat desain logo berikut ini.

Membuat konsep logo

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan logo yang akan dibuat apakah sudah merepresentasikan nilai-nilai penting dari entitas bisnis yang kamu miliki atau belum. Oleh sebab itu, kamu harus mempunyai gambaran yang jelas mengenai nilai-nilai tersebut sehingga tahu kesan apa yang mau disampaikan dari logo tersebut.

Kamu juga perlu mengetahui dengan jelas target audiens yang mau dijangkau. Logo yang diperuntukkan untuk anak-anak tentu sangat berbeda dari logo yang diperuntukkan untuk remaja atau orang dewasa. Kamu tentunya sudah ada bayangan kira-kira mau seperti apa konsep logonya apabila sudah memikirkan nilai dan target audiens.

Apakah menggunakan konsep yang berkesan profesional atau friendly. Apakah mewah atau sederhana? Lalu, warna apa yang dapat memberikan kesan-kesan tersebut?

Riset pasar dan kompetitor

Langkah selanjutnya yaitu kamu harus mengetahui desain logo seperti apa yang sering digunakan di industri bisnis kamu. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui internet.

Pada tahap ini ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, logo seperti apa yang menarik perhatian kamu. Ambil elemen yang menarik perhatian tersebut untuk dimasukkan ke dalam logo yang akan dibuat. Kedua, jangan sampai logo yang akan dibuat terlalu mirip dengan kompetitor, nanti kamu akan dikira meniru atau plagiat. Hal seperti ini harus dihindari.

Buat logo sendiri atau dengan bantuan?

Setelah itu, kamu perlu memutuskan apakah mau membuat logo sendiri atau memerlukan bantuan. Dalam hal ini, semua tergantung pada budget, kemampuan, serta seberapa banyak waktu yang kamu dimiliki.

Apabila mau membuat desain logo sendiri, ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan, mulai dari aplikasi mobile gratis sampai membuat logo secara online dengan mudah dan cepat. Atau, jika kamu ingin mendesain logo lewat smartphone juga bisa. Ada beberapa aplikasi terbaik untuk membuat logo di Android dan aplikasi pembuat logo di iOS yang bisa kamu unduh gratis.

Untuk yang lebih profesional, kamu bisa menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator atau Coreldraw. Apabila mau membuat sesuatu yang lebih rumit, kamu dapat mencari dan mempelajari sendiri aplikasinya secara online. Atau, kamu dapat menggunakan jasa freelancer yang cepet dan tidak ribet.

Kenapa menggunakan jasa freelancer? Karena biasanya pembuatan logo oleh freelancer tidak memerlukan biaya yang banyak, harga bisa mulai dari 150 ribu saja, bahkan bisa lebih murah ketika ada diskon atau promo. Kamu cukup memberikan deskripsi dari entitas dan juga konsep yang sudah kamu pikirkan sebelumnya. Setelah itu akan langsung dibantu oleh freelancer, untuk hasil pekerjaan bisa revisi hingga cocok.

Tips membuat desain logo

Apapun cara yang akan kamu gunakan nanti, tetap perhatikan beberapa tips yang ane kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

  • Buat logo sesimpel mungkin agar mudah diingat
  • Pemilihan font untuk teks sangat penting
  • Perhatikan proporsi dan simetri
  • Gunakan ruang negatif
  • Hindari penggunaan ikon yang sudah sering digunakan

Minta feedback dan jangan ragu revisi

Setelah kamu sudah mendapatkan desain logo barumu, jangan cepat puas. Coba minta masukan dari orang-orang di sekitar kamu untuk memastikan bahwa mereka mengerti pesan yang ingin disampaikan. Apabila ada revisi yang perlu dilakukan, jangan sungkan untuk memintanya karena logo itu akan melekat dengan entitasmu untuk kurun waktu yang cukup lama.

Demikian langkah-langkah untuk membuat logo desain yang bagus tapi tetap tidak memakan biaya yang banyak. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Desain Logo Keren"