Ads

Kaidah Warna Dalam Desain Grafis

Desainku - Warna adalah komponen terpenting dalam membuat sebuah desain. Terutama, aktivitas yang berkaitan dengan desain grafis. Warna memiliki peran serta karakter masing-masing yang dapat menghasilkan desain dengan sempurna. Tidak hanya itu, warna adalah hal krusial yang mendukung indah atau tidaknya suatu grafis.

Kaidah Warna Dalam Desain GrafisKaidah Warna Dalam Desain Grafis

Fungsi Warna Dalam Dunia Desain Grafis

Sebelum memulai untuk membuat desain, ada baiknya Anda ketahui fungsi dari masing-masing warna yang terangkum berikut ini.

Fungsi Struktural

Fungsi StrukturalFungsi Struktural

Dalam desain grafis, warna dapat berfungsi mengarahkan pembaca pada informasi yang sifatnya penting. Informasi itu diurutkan secara struktural berdasarkan tingkat kepentingan, yaitu mulai dari informasi yang paling penting hingga informasi yang kurang penting. Selain itu, warna dapat membaedakan antara informasi satu dengan informasi lainnya agar informasi yang dijelaskan dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti pembaca.

Fungsi Isyarat dan Komunikasi

Fungsi Isyarat dan KomunikasiFungsi Isyarat dan Komunikasi

Inilah fungsi lain dari sebuah warna sebagai media komunikasi. Cara berkomunikasi melalui warna juga sering dijumpai pada lampu lalu lintas. Pada saat lampu lalu lintas tersebut memberikan isyarat dengan warna hijau yang berarti jalan, kuning berarti bersiap, dan merah berarti berhenti. Melalui warna inilah isyarat sebuah perintah bisa tersampaikan dengan mudah.

Fungsi Alamiah

Fungsi AlamiahFungsi Alamiah

Warna adalah penggambaran sifat obyek secara nyata. Bahkan warna dapat menciptakan sifat objek secara nyata. Sebagai contoh warna biru untuk langit, dan warna hijau untuk daun, laut, dan lain sebagainya. Semua dapat tergambar dengan nyata sebab adanya sebuah warna.

Fungsi Psikologis

Dari sudut pandang kejiwaan warna ternyata dapat dikaitkan dengan karakter-karakter manusia. Orang yang memiliki karakter introvert cenderung lebih senang dengan warna-warna yang cerah. Karena tipe orang seperti ini memiliki sikap dan sifat yang terbuka, lebih memandang ke luar daripada kedalam diri sendiri. Oleh sebab itu, warna dapat menggambarkan karakter seseroang dengan cepat dan tepat.

Fungsi Identitas

Warna memiliki peran penting juga untuk mempermudah orang agar mengenali identitas suatu kelompok, komunitas, perusahaan, bahkan suatu organisasi. Sebagai contoh, warna hijau dominan banyak digunakan untuk organisasi atau suatu perkumpulan kelompok keagamaan di Indonesia. Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu organisasi hanya dari warnanya. Selain itu, warna juga dapat menjadi karakter tersendiri bagi beberapa produk bisnis. Seperti warna biru pada kemasan minuman yang sering dijumpai.

Fungsi Pembentuk Objek Atau Keindahan Sebuah Desain

Fungsi Pembentuk Objek Atau Keindahan Sebuah DesainFungsi Pembentuk Objek Atau Keindahan Sebuah Desain

Keberadaan warna sangatlah membantu di kehidupan kita. Sebab, warna dapat memudahkan mata melihat dan mengenali suatu benda. Contohnya apabila meletakan benda di tempat yang sangat gelap, mata tidak mampu mendeteksi objek tersebut dengan jelas. Warna memiliki fungsi ganda tidak hanya dari aspek keindahan saja, namun juga sebagai elemen yang membentuk diferensial atau perbedaan antara objek satu dengan objek lainnya. Warna, apapun dapat menciptakan keindahan yang mempercantik banyak hal. Seperti, ruangan dinding rumah Anda dicat dengan pilihan warna favorit, maka akan mewujudkan keindahan tersendiri bagi mereka yang melihatnya.

Itulah beberapa fungsi kode warna dalam desain grafis. Bahkan Anda dapat menggunakannya ketika hendak membuat sebuah desain yang memerlukan warna khsusus. Jika selama ini Anda mengira, seorang desainer grafis tidak memerlukan kode warna, itu merupakan persepsi yang salah. Sebab kode warnalah yang membantu para desainer grafis untuk menghasilkan sebuah desain.

0 Response to "Kaidah Warna Dalam Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel