Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Desain Menurut Reswick, 1965 ?

Hai Sobat Desainku, sudah lama tidak jumpa, lama juga tidak menulis seuatu disini. kali ini kita bahas tentang desain, apa itu desain? Apa fungsi desain? Dan apa pengertian desain menurut para ahli.

Apa Itu Desain?

Pengertian Desain Menurut Reswick, 1965

Desain merupakan kata yang diambil dari bahasa inggris yaitu: desain yang berarti rencana, jadi kalau kita jabarkan arti kata desain adalah ilmu yang berhubungan dengan suatu perencanaan atau suatu perancangan, biasanya berbentuk suatu gambar (DWIMATRA) yang nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk sebenarnya (TRIMATRA) atau sebagai aturan yang hanya ditulis saja.

Desain itu bebas namun harus bertanggungjawab. Jadi bukan bersifat Instruksional, Desain merupakan kegiatan manusia untuk lingkungan dan khasah buatan yang diperoleh dari alam. Khasanah ini kemudian sejalan dengan waktu yang selalu berubah dan penuh diwarnai inovasi-inovasi untuk menciptakan kehidupan budaya.

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Perkembangan pengertian desain selalu ditafsirkan oleh berbagai kelompok berdsarkan nilai guna dan prioritas perbidangan setiap profesi. Ada beberapa pengertian desain menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Reswick, 1965
  2. Desain adalah kegiatan kreatif yang membawa pembaharuan. Selain itu di dalam desain itu juga terkandung beberapa hal, antara lain: rasa, instuisi, kretivitas, selera, harga diri, privasi, nilai-nilai, norma kebanggaan, kerahasiaan dan rasa senang dan sebagainya.

  3. Jones
  4. Desain adalah segala tindakan dan inisiatif untuk mengubah karya manusia.

  5. Widagdo
  6. Desain merupakan suatu desain berkaitan dengan nilai-nilai kontekstual yang menyuarakan kebudayaan.

  7. Dudy Wiyancoko
  8. Desain ialah semua hal yang berhubungan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototying, frame testing dan test riding.

  9. Ken Hurts
  10. Desain yaitu sebuah proses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang dan paralel.

  11. Janner Simarmata
  12. Desain yakni bagaimana aplikasi yang dirancang menjadi sesuai dengan kebutuhan.

  13. Andya Primanda
  14. Desain yaitu berbagai upaya untuk menemukan titik tengah dari segala macam masukan yang seringkali bersebrangan.

  15. Archer
  16. Desain ialah salah satu bentuk kebutuhan jasmani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai dan berbagai tujuan benda buatan manusia.

  17. Oxford Dictionaries
  18. Desain yaitu beberapa rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja suatu bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

  19. Soekarno dan Lanawati Basuki
  20. Desain sebagai sesuatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya busana.

Apa Fungsi Desain?

Adapun fungsi dari desain adalah sebagai berikut:

  • Merupakan suatu proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru
  • Merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum
  • Merupakan suatu wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata
  • Merupakan suatu ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.

Prinsip-Prinsip Desain

Dalam mendesain tertentu membutuhkan pertimbangan beberapa prinsip-prinsip desain. Prinsip yang pertama adalah balance. Yang mana balance tersebut sama halnya mempertimbangkan stabilitas atau kesan terdapat daya tarik yang sama antara bagian yang satu dengan yang lain tanpa menghilangkan aksentuasi yang merupakan pusat perhatian pada susunan karya seni.

Dalam menerapkan prinsip balance ini dalam mendesain harus menetapkan balance yang seperti apa. Hal ini dikarenakan balance sendiri terbagi menjadi empat hal antara lain keseimbangan sentral, keseimbangan simetris, keseimbangan inormal dan keseimbanga kontras

Prinsip desain selanjutnya adalah unity yang adalah kesatuan yang dirubah dengan unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi dan juga kedekatan dalam sebuah komposisi karya seni, selain itu prinsip desain lainnya adalah ritme. Dimana ritme ini adalah susunan yang teratur dari unsur yang berulang dalam sebuah karya seni. Prinsip yang terakhir adalah proporsi adalah perbandingan ukuran yang ideal dari sebuah objek.

Post a Comment for "Apa Pengertian Desain Menurut Reswick, 1965 ?"