Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

Hallo sahabat Desainku, kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan lasso tool pada Adobe Photoshop untuk pemula.

Dasar untuk menguasai adobe photoshop adalah mengetahui fungsi tools yang ada didalamnya. Nah, didalam tools itu ada beberapa kategori didalamnya. Salah satunya adalah tools seleksi yang berfungsi memberikan batas antara satu dengan lainnya. Setelah sebelumnya kita sudah pelajari secara umum beberapa fungsi dasar tool seleksi adobe photoshop. Maka kali ini kita akan lebih menjurus ke pada Lasso tool (tool seleksi) adobe photoshop. Pada latihan cara menggunakan lasso tool pada adobe photoshop ini kita akan mengenal 3 jenis lasso tool, yaitu : Polygon lasso tool, Magnetic lasso tool dan Lasso tool.

Perlu diketahui bahwa, ketiga alat seleksi ini sudah ada dari adobe photoshop versi CS sampai CC dan memang merupakan alat favorit bagi semua pengguna adobe photoshop. Setiap tools memiliki fungsi untuk seleksi namun dengan cara kerja yang berbeda. Berikut ini adalah metode menggunakan alat seleksi lasso tools :

Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop

  1. Lasso Tool
  2. Fungsi dari lasso tool adobe photoshop adalah alat untuk menyeleksi objek dengan metode draw. Disini kita membuat seleksi seolah kita sedang menggaris bebas tanpa mistar. Tool ini sama sekali free hand, kualitas seleksi tergantung dari kemampuan kita menarik garis seleksinya.

    Berikut adalah contoh menggunakan lasso tool :

    • Buka foto /gambar kita pada adobe photoshop. Aktifkan Lasso tool dengan klik ikonnya tooolbox samping kiri adobe photoshop. Kemudian mulailah membuat garis dengan menahan klik sampi garisnya bertemu kembali > lalu lepaskan.

    • Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

    • Maka akan tampil garis putus - putus yang kedap kedip. Nah disitulah bagian area seleksi kita.

    • Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

    • Setelah menyeleksi, kita juga dapat memindahkannya jika merasa posisinya tidak sesuai harapan. Caranya bawa cursor kedalam seleksi sampai cursor berganti bentuk, kemudian klik dan geser ke tempat yang diinginkan.

    • Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

  3. Polygon Lasso Tool
  4. Untuk polygon lasso tool, sebenarnya fungsinya sama yaitu menyeleksi kemudian mengedit hasil seleksi. Namun metode untuk membuat garis seleksi memang berbeda, karena polygon lasso tool ini lebih baik digunakan. Tool seleksi terbentuk dari garis lurus, yang nantinya akan menjadi polygon tertutup.

    Kelebihannya :

    Lebih cocok digunakan untuk menyeleksi objek secara akurat. Seperti bagian tubuh, dan bagian yang memiliki detail yang banyak. Biasa digunakan untuk menyeleksi orang di foto untuk dijadikan pas foto.

    Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

  5. Magnetic Lasso Tool
  6. Bentuk dari Magnetic lasso tool ini, akan terlihat lebih banyak titik-titiknya. Karena dalam prosesnya mirip dengan Lasso tool biasa. Namun bedanya, magnetic lasso tool, dengan sendirinya akan mengikuti bentuk dari objek yang akan diseleksi. Cukup klik satu kali, kemudian berjalanlah disekitar objek, maka garis seleksi dengan sendirinya mengikuti garis luar objek itu.

    Kelebihannya :

    • Sangat baik digunakan untuk menyeleksi objek dengan kepadatan warna yang sedikit,
    • Edit foto dengan background polos,
    • Menyeleksi objek yang kualitasnya HD.

    Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula

Dari 3 lasso tool diatas. Yang paling sering digunakan adalah Polygon lasso tool, karena seleksi bisa kita bentuk sendiri sesuai keinginan. Namun terkadang juga menggunakan lasso tool lainnya. Tergantung dari tingkat kesulitan objek itu sendiri.

Dengan mengetahui semua fungsi Lasso tool diatas, kita akan terbuka pikirannya untuk lebih berkarya lagi. Ada banyak hal yang bisa kita buat hanya dengan tiga lasso tool diatas. Mulai dari penggabungan objek, manipulasi dan lain lain. Salah satu pekerjaan yang selalu menggunakan lasso tool photoshop adalah ketika membuat pas foto pada adobe photoshop.

Hanya sekian pembahasan tentang cara menggunakan lasso tool pada adobe photoshop untuk pemula menurut Desainku. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Lasso Tool Pada Adobe Photoshop Untuk Pemula"