Ads

Pengertian Logo Dan Penjelasannya

Pengertian Logo Dan Penjelasannya

Jika berniat membangun sebuah kerajaan bisnis maka salah satu hal utama yang perlu dilakukan yaitu memikirkan ide logo. Selain itu buatlah kerangka rencana proses usaha tersebut layaknya memikirkan tempat, produk, uang modal, target penjualan, kualitas, packaging, dan lain-lain.

Akan tetapi diatas semuanya pembuatan logo merupakan yang terpenting untuk dijadikan sebagai identitas dari bisnis itu sendiri. Apa itu logo? inilah penjelasan lengkapnya bisa kamu pahami degan seksama.

Pengertian dan penjelasan logo bisnis

Coba kamu perhatikan beberapa brand ternama seperti sepatu Nike, Adidas, Coca Cola, KFC, Mcd, atau lain sebagainya. Semua perusahaan besar pastilah mempunyai logo dengan ciri khas masing-masing sehingga tidak ada yang bisa menirunya.

Saat disuguhkan burger dengan lambang huruf M besar dengan bungkus warna merah, tentunya kamu hafal betul apabila produk tersebut milik McDonalls. Itulah salah satu fungsi dari logo sebagai identitas sekaligus pengingat para konsumennya.

Logo adalah gambar dengan suatu arti, bisa berupa lukisan, sketsa, ataupun tulisan saja. Logo berperan untuk mewakili identitas pihak tertentu, entah itu bisnis, perusahaan, organisasi, negara, daerah, produk atau lain sebagainya. Ketika melihat gambar tersebut maka masyarakat akan tertuju pada satu hal dan akan terus diingat selamanya. Tanpa harus mencantumkan visi misi, deskripsi, atau penjelasan apapun maka banyak orang langsung mengetahui tentang pemilik logo tersebut.

Logo harus punya arti dan filosofi

Tidaklah mungkin kamu membuat logo untuk usaha fashion tetapi gambar
atau namanya tidak berkaitan langsung dengan bidang tersebut.

Contohnya saja menggunakan gambar makanan, hewan, ataupun lain sebagainya. Calon konsumen menangkap maksud berbeda dan seringkali terjadi kendala dalam proses penjualan bahkan resiko terparah yaitu tidak laku dipasaran. Itulah mengapa logo harus dibuat sebaik mungkin, mempunyai arti, filosofi yang menjelaskan tujuannya secara implisit.

Apa yang dimaksud dengan filosofi? Jadi penentuan gambar logo berdasarkan pada jenis perusahaan, bisnis, organisasi ataupun hal lain yang ingin dibuat. Jangan sampai melenceng jauh dari bidang tersebut karena menyulitkan masyarakat mengenali atau menangkap informasi tersiratnya.

Biasanya bagian tersebut disesuaikan dengan jenis produk, budaya, karakteristik, atau bahkan histori dari perusahan itu sendiri. Dengan begitu hasilnya akan menarik, unik dan membedakannya dari milik orang lain.

Aspek penting saat membuat logo

Tak sembarangan karena logo harus memenuhi berbagai macam aspek penting ketika dibuat. Menurut seorang ahli bernama David E. Carter, supaya tujuan dan fungsi gambar logo terpenuhi maka harus memperhatikan berbagai hal terlebih dahulu.

Salah satunya mengedepankan originalitas supaya tidak dianggap plagiat atau memberi kesan ekslusif. Kemudian legible atau mempunyai level pemahaman tinggi bagi masyarakat luas sehingga mereka langsung ingat dan menangkap maksud dari logo tersebut.

Sebaiknya logo dibuat secara sederhana, tidak berlebihan dan simpel agar mudah diingat oleh banyak orang. kamu bisa gunakan tulisan, lambang bunga atau hewan, pola atau lain sebagainya. Masih mengenai tampilan gambar, sebaiknya logo mengaplikasikan warna-warna yang bisa meningkatkan rasa penasaran serta ketertarikan masyarakat ketika pertama kali melihatnya.

Perhatikan pula ukuran, kesesuaian bentuk atau pola agar tidak terkesan aneh. Tidak banyak pihak menggunakan logo secara tepat, terkadang kurang menarik, tidak mengintrepetasikan tujuan perusahaan atau organisasi yang dibuatnya. Alangkah baiknya kamu menyewa jasa desainer grafis terbaik untuk membantu menciptakan logo yang melambangkan identitas perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu logo dan beberapa informasi penting lainnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Logo Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel