Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 8 Jenis Desain Grafis Dan Perbedaannya

Jenis Desain Grafis

Desain grafis, tentu kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Desain grafis merupakan proses kombinasi antara tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah. Desain grafis dikenal juga dengan “desain komunikasi visual”.

Mengapa disebut sebagai desain komunikasi visual, karena peran desain grafis dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens yang sangat kental. Saat ini desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan gabungan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis. Saat ini industri desain grafis sangat berkembang pesat, hal ini dikarenakan kita sudah memasuki jaman era digital. Dimana semua hal yang kita lakukan berpusat kepada teknologi.

Oleh sebab itu, segala hal yang menyangkup hidup kita termasuk perekenomian kita sudah berpusat pada dunia teknologi. Maraknya online shop, maraknya industri video dan yang lainnya membuat kita mulai berpikir untuk menjalankan bisnis di sosial media. Jika kamu seorang calon desainer atau mencari layanan desain untuk bisnis kamu, memahami delapan jenis desain grafis ini akan membantu kamu menemukan keterampilan yang tepat untuk pekerjaan itu.

Berikut adalah 8 jenis desain grafis yang saat ini tersedia :

Desain grafis identitas visual

Sistem identitas visual merupakan suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk.

Identitas visual sering digunakan untuk membedakan suatu produk/ jasa dengan produk / jasa dari pesaing sehingga costumer akan sangat mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagian dari tampilan visualnya. Jadi jika kamu ingin membuat suatu merk produk, kamu sebaiknya melihat orang yang berfokus pada bidang ini.

Desain Antar Muka (User Interface)

Desain Antar Muka (UI) merupakan bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. UI meliputi semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse.

Dalam konteks desain grafis, desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, mikro-interaksi, dan sebagainya. Ini merupakan pekerjaan desainer UI untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsi teknis.

Desain grafis pemasaran & periklanan

Suatu perusahaan dengan suatu produk agar dikenal oleh masyarakat bergantung pada upaya pemasaran dan periklanan yang dijalani. Pemasaran dan periklanan bertujuan untuk merayu setiap masyarakat dalam mengambil keputusan agar membeli suatu produk yang kita tawarkan.

Tentu konten visual yang menarik dan dengan ide yang cemerlang akan mempengaruhi orang dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. Karena orang akan selalu menginginkan konten visual yang lebih menarik, desain grafis membantu organisasi mempromosikan dan mengkomunikasikan produk mereka.

Publikasi

Publikasi adalah bagian dalam industri desain grafis yang berkomunikasi dengan masyarakat melalui distribusi publik. Mereka sering disebut sebagai industri media cetak. Seperti buku, koran, majalah, dan katalog. Tetapi, akhir-akhir ini ada peningkatan signifikan dalam penerbitan digital.

Desainer grafis yang mengkhususkan diri dalam publikasi bekerja sama dengan editor dan penerbit untuk membuat tata letak dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan karya seni yang menyertainya, yang meliputi fotografi, grafik dan ilustrasi.

Motion Grafis

Secara sederhana, motion grafis adalah percabangan dari seni desain grafis yang merupakan penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi bergerak.

Ini dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film. Popularitas media telah meroket dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan peningkatan teknologi dan konten video.

Contoh motion grafis:

  • Iklan
  • Logo animasi
  • Cuplikan
  • Presentasi
  • Video promosi
  • Video tutorial
  • Situs web
  • Aplikasi
  • Video game
  • Spanduk
  • GIF

Desain Kemasan (packaging)

Sebagian besar produk membutuhkan beberapa bentuk kemasan untuk melindungi dan menyiapkannya untuk penyimpanan, distribusi, dan penjualan. Tetapi desain kemasan juga dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, yang menjadikannya alat pemasaran yang sangat berharga. Setiap kotak, botol dan tas, setiap kaleng, wadah, atau tabung adalah kesempatan menceritakan kisah tentang suatu merek.

Desainer kemasan membuat konsep, mengembangkan market, dan membuat file siap cetak untuk suatu produk. Hal ini tentu membutuhkan pengetahuan ahli tentang proses cetak dan pemahaman yang tajam tentang desain dan manufaktur industri. Karena desain kemasan menyentuh banyak disiplin, tidak jarang desainer menemukan diri mereka menciptakan aset lain untuk produk seperti fotografi, ilustrasi, dan identitas visual.

Grafis Lingkungan

Grafis lingkungan secara visual menghubungkan orang ke tempat-tempat untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan menciptakan suatu tempat yang lebih mudah diingat, menarik, informatif atau lebih mudah dinavigasi.

Contoh desain grafis lingkungan:

  • Signage
  • Mural dinding
  • Pameran museum
  • Merek kantor
  • Navigasi transportasi umum
  • Interior toko ritel
  • Ruang acara dan konferensi

Seni dan ilustrasi untuk desain grafis

Seni grafis dan ilustrasi sering terlihat sama, namun masing-masing tentu sangat berbeda. Desainer menciptakan komposisi untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli. Seni mereka mengambil sejumlah bentuk, dari seni murni, hiasan, hingga ilustrasi mendongeng.

Contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis:

  • Desain kaos oblong
  • Pola grafis untuk tekstil
  • Grafis gerakan
  • Gambar stok
  • Novel grafis
  • Video game

Kamu suda mengetahui kedelapan spesialis desain grafis yang terbagi menjadi beberapa bagian. Semoga dapat membantu kamu menemukan pekerja desain grafis yang tepat untuk bisnis dan usaha kamu.

Post a Comment for "Mengenal 8 Jenis Desain Grafis Dan Perbedaannya"