Ads

Efek Psikologi Warna Dalam Dunia Desain Grafis

Efek Psikologi Warna Dalam Dunia Desain Grafis

Warna adalah komponen yang penting dalam dunia desain grafis. Warna akan memperlihatkan sifat dan mood dari sebuah karya. Kalau dunia ini tidak ada warna, tentu akan terlihat suram dan menyedihkan. Setiap warna yang ada mempunyai psikologi warna tersendiri yang bisa mewakili tentang perasaan. Meskipun dibeberapa negara simbol warna mempunyai arti yang berbeda, namun sebuah warna bisa memiliki makna tertentu secara umum.

Merah

Warna yang paling emosional dan cenderung ekstrem. Menyimbolkan keberanian, gairah, kekuatan, bersemangat, enerjik, dinamis, komunikatif, aktif, kegembiraan, dan mewah. Sifat yang mewakili dengan penggunaan warna merah. Warna merah memiliki dampak untuk menstimulasi sebuah perhatian serta merangsang kelenjar adrenal, hingga meningkatkan detak jantung. Sehingga merah biasa digunakan untuk menarik perhatian. Merah juga sering kali dimaknai cinta, percaya diri, kekuatan, dramatis, panas, perjuangan dan berani.

Kuning

Warna kuning adalah warna optimis, namun warna ini yang paling sulit ditangkap oleh mata. Kuning adalah warna yang ceria, melukiskan kegembiraan, suasana penuh suka cita, berenergi, serta antusiasme. Warna ini melambangkan childish atau kekanak-kanakan. Warna ini mampu memunculkan kehangatan, mendorong pengekspresian diri, memberi inspirasi dan kemampuan intelektual.

Sedangkan jika dilihat dari sisi negatifnya, kuning akan memberikan penilaian berupa sikap yang berubah-ubah dan kurang dapat dipercaya. Makna-makna begatif lain yang bisa timbul dari warna ini antara lain: irasionalitas, ketakutaan, kerapuhan, emosional, depresi, kecemasan, dan bunuh diri.

Hitam

Hitam merupakan warna yang kuat yang membangkitkan otoritas, keberanian, kekuasaan, keanggunan dan gaya. Dalam dunia fashion, warna hitam terkenal karena membuat orang menjadi tampak langsing. Warna hitam bisa juga berarti tunduk. Dalam kaitannya dengan religi, seorang imam memakai warna hitam bisa diartikan ia tunduk kepada Tuhan. Warna hitam juga berarti sangat kuat, pemakainya akan terlihat jahat dan menyeramkan.

Putih

Putih adalah warna perdamaian. Simbol kepolosan, kemurnian, kesederhanaan, kesucian. Warna yang sangat tersohor di dunia mode karena warna putih akan nampak bercahaya, netral dan bisa dikombinasikan dengan warna apapun. Bigitu juga dalam desain grafis, warna putih sering digunakan sebagai teks yang kontras pada latar belakang warna yang lebih gelap.

Biru

Warna langit dan laut, salah satu warna paling popular diantara yang lain. Biru melambangkan kewenangan, martabat, keamanan dan kesetiaan. Dalam penggunaan desain logo, biru banyak digunakan sebagai warna dominan logo pemerintahan, pendidikan dan medis.

Hijau

Warna hijau adalah warna alam dan kesuburan. Warna hijau melambangkan kesegaran, ketenangan, alam, natural, kesehatan. Dalam hubungannya dengan dunia desain, warna hijau banyak digunakan dalam bidang kesehatan, real estate, konstruksi, ekologi, konservasi alam dan olahraga semacam golf.

Ungu

Ungu adalah warna kemewahan, kekayaan, spiritualitas, dan kecanggihan. Hal ini juga melambangkan kekuasaan dan kedudukan. Bisa juga menjadi warna yang feminin dan romantis

Coklat

Coklat selalu identik dengan stabilitas, dan keadaan dimana kita dapat menaruh kepercayaan pada obyek-obyek yang berwarna coklat. Warna yang menjadi simbol warna bumi atau bisa juga bersanding dengan warna hijau sebagai warna alam, memberikan kehangatan, dukungan, rasa nyaman, dan aman. Selain itu kesederhanaan sering muncul pada penggunaan warna ini. Coklat sering mengesankan kondisi matang sehingga bisa menimbulkan kesan dapat diandalkan, elegan, akrab, dan kuat.

Orange

Orange merupakan simbol warna interaksi yang bersahabat, penuh percaya diri, keramahan, penuh harapan dan kreativitas. Warna ini merupakan gabungan antara merah dan kuning ialah warna yang kuat dan hangat, membuat penggunaan warna ini memberi rasa nyaman. Secara umum, penggunaan warna ini akan membentuk makna berupa kenyamanan, kehangatan, keamanan, gairah, kelimpahan dan kesenangan.

Merah Muda

Merah muda atau pink merupakan warna yang feminin, dalam kondisi normal ini hampir selalu berkaitan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Warna ini menampakkan sifat kelembutan dan mampu menenangkan. Secara umum merah muda dapat diartikan sebagai cinta atau kasih sayang, romantisme, ketenangan fisik, memelihara, kehangatan, kewanitaan, simbol kelangsungan hidup manusia.

0 Response to "Efek Psikologi Warna Dalam Dunia Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel