Ads

7 Jenis Merchandise Promosii Untuk Branding Perusahaan

Dalam teori pemasaran populer dikenal istilah bauran pemasaran (marketing mix). Salah satunya adalah promosi yang memegang peranan penting dalam upaya memperkenalkan merek dan membangun brand image kepada khalayak. Sebagai bentuk komunikasi dan bagian dari strategi pemasaran, promosi dapat diterapkan dengan memanfaatkan beberapa media.

Mengingat pentingnya peran promosi dalam pemasaran, para pengusaha atau pebisnis harus memperhatikan aspek promosi untuk menginformasikan produk dan jasa yang ditawarkannya. Tidak hanya itu, promosi berfungsi sebagai pengingat agar khalayak selalu menempatkan merek sebagai pilihan utama. Nah, supaya orang bisa selalu mengingat merek atau perusahaan, maka diperlukan suatu media yang bisa menampilkan logo perusahaan, yaitu merchandise promosi.

Macam-Macam Merchandise Promosi

Macam-macam Merchandise Promosi

Kaos Promosi

Kaos Promosi

Kaos merupakan jenis pakaian yang sangat populer di kalangan masyarakat dan disukai oleh segala jenis usia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kaos dapat dimanfaatkan untuk aktivitas promosi perusahaan. Dengan menunjukan logo perusahaan disertai dengan teks atau gambar pendukung yang menarik sebagai souvenir yang biasanya dibagikan secara gratis atau cuma-cuma pada event-event tertentu.

Jenis kaos promosi bermacam-macam. Yang paling populer dan yang paling sering dipakai yaitu kaos oblong (t-shirt) promosi dan kaos polo. Dengan kaos oblong, perusahaan dapat menampilkan logonya dengan teknik sablon maupun bordir dengan bahan yang enak dan nyaman dipakai.

Tas Promosi

Tas Promosi

Media lainnya yang dapat dipakai untuk kegiatan branding perusahaan yaitu tas promosi. Tas merupakan media yang sangat banyak kegunaannya. Selain sebagai alat untuk menyimpan barang, tas juga bisa menjadi media promosi yang efektif. Pada event-event perusahaan, tas promosi sering kali dipakai dengan menggunakaan berbagai jenis dan bahan yang bervariasi.

Bahan-bahan tas promosi yang paling banyak digunakan dengan harga yang terjangkau misalnya tas goodie bag dengan bahan spunbound, flexi, kain blacu, kain kanvas, dan furing. Goodie bag merupakan salah satu jenis tas promosi yang populer karena sangat praktis dan mampu memuat banyak barang. Ada juga jenis tas promosi lain yaitu paper bag dengan bahan utama kertas samson, kraft atau art carton.

Jam Promosi

Jam Promosi

Fungsi utama jam yaitu sebagai penunjuk waktu yang ditempelkan di dinding, diletakkan di meja atau dipakai sebagai jam tangan. Karena fungsinya yang sangat penting, jam bisa menjadi media promosi yang efektif. Pada umumnya, jam promosi yang biasa dipakai yaitu jam dinding atau jam meja dengan menampilkan logo perusahaan di bagian dalamnya.

Jam promosi memiliki berbagai macam variasi bentuk yang unik dan menarik untuk hiasan atau dekorasi ruangan. Model-model jam promosi bisa kamu pilih dan tentunya disesuaikan dengan selera dan modal pemasaran.

Kipas Promosi

Kipas Promosi

Kipas promosi merupakan media yang bisa menjadi alternatif untuk kegiatan promosi perusahaan. Jenis kipas yang dimaksud adalah kipas tangan yang ringan dan bisa dibawa kemana saja. Tidak hanya sebagai alat untuk menghasilkan angin, kipas promosi merupakan media promosi yang bisa digunakan pada event-event perusahaan.

Kipas promosi dengan menggunakan bahan yang berkualitas memiliki berbagai macam bentuk dan model yang unik, misalnya plastic hand fan yang berbahan dasar plastik yang sangat ringan. Jenis kipas promosi lain, yaitu folded hand fan yang terbuat dari bahan kertas yang bisa dilipat.

Bolpoin Promosi

Bolpoin Promosi

Pada event-event seperti seminar, konferensi, meeting, atau pameran, bolpoin merupakan media promosi yang tidak dapat dilupakan. Selain bermanfaat untuk menulis, bolpoin promosi sangat signifikan dan bisa dipakai oleh siapa saja. Tidak heran, media promosi yang satu ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempopulerkan namanya.

Bolpoin promosi mempunyai berbagai jenis dan bentuk dengan warna yang sangat beragam. Ada jenis bolpoin yang dilengkapi dengan tali yang bisa digantung di leher dan banyak lagi jenis lainnya. Sebagai media promosi, bolpoin tersebut tentunya harus menampilkan logo perusahaan yang dicetak dengan teknik sablon atau ditempeli stiker.

Payung Promosi

Payung Promosi

Payung tak cuma sebagai pelindung panas maupun hujan. Media payung promosi ini adalah alternatif yang dapat dipakai untuk media promosi yang efektif. Payung promosi merupakan salah satu bentuk souvenir yang dibagikan kepada audiens pada event-event perusahaan. Jenis-jenis payung promosi ada bermacam jenis yaitu payung lipat, payung golf, dan payung parasol dengan bahan polyester, silver atau nylon.

Payung promosi dilengkapi dengan rangka ruji dan pegangan (handle) dari kayu ataupun plastik. Pencetakan logo perusahaan bisa menggunakan teknik sablon atau menggunakan mesin cetak untuk gambar full color.

Gantungan Kunci Promosi

Gantungan Kunci Promosi

Media promosi seperti gantungan kunci berfungsi sebagai dekorasi atau hiasan. Desain gantungan kunci bisa beragam dengan bahan karet, besi, dan akrilik. Umumnya, gantungan kunci promosi dapat dipesan dengan jumlah ratusan untuk menghemat budget produksi.

Jenis-jenis merchandise promosi di atas hanya sebagai referensi dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan sebagai souvenir promosi. Dapat dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya untuk memaksimalkan pemasaran.

Yang pasti, disesuaikan juga antara kebutuhan, audiens, dan anggaran promosi perusahaan.

0 Response to "7 Jenis Merchandise Promosii Untuk Branding Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel