Ads

Tips Membuat Logo Perusahaan

Logo perusahaan bukan hanya sesuatu yang akan membantu dalam mempromosikan bisnis. Tapi, masih banyak lagi manfaat dari logo yang akan mempengaruhi jalannya bisnis.

Logo ini penting untuk membawa bisnis dari masa ke masa.Kenapa? Karena logo biasanya akan dicetak dan ditempelkan pada setiap produk atau layanan. Dengan demikian, logo akan menjadi wajah bagi sebuah bisnis.

Nah, dalam membuat logo, ada banyak yang hal yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebutlah yang akan mempengaruhi hasil dari logo tersebut. Apa saja sih hal-hal tersebut? Yuk, simak penjelasan dibawah ini.

Desain yang Berbeda

Di pasar bisnis yang sudah ramai ini, bisnis akan menjadi sangat menonjol bila memiliki perbedaan dari pesaingnya. Peran tim desain dalam perusahaan akan sangat diperlukan dalam hal ini.

Anda bisa melakukan research terlebih dahulu tentang apa yang dilakukan pesaing dengan logo mereka, menilai kekuatan, kelemahan, dan efek keseluruhan dari logo tersebut. Hal ini akan sangat membantu untuk membuat pertimbangan desain logo.

Setelah dilengkapi dengan informasi yang relevan, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih bentuk, warna, font, bahkan garis, dan simbol yang tepat. Dengan cara ini ,Anda dapat membuat logo dan identitas merek untuk perusahaan.

Pemilihan Warna

Pertimbangan lain yang paling penting untuk sebuah desain logo adalah pemilihan warna. Keputusan dalam memilih warna bukanlah suatu yang mudah, karena kita juga harus mengetahui arti dari warna tersebut. Warna bisa mengandung arti yang mewakili perusahaan tersebut.

Anda bisa memilih warna berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti siapa target audiens atau seperti apa kultural target tersebut. Anda juga tidak perlu takut dalam memainkan warna, namun tetap harus dalam kadarnya, ya. Jangan sampai warna yang Anda pilih tidak cocok dengan bisnis ataupun target audiens.

Perhatikan Skala

Logo harus bisa mempertahankan penampilannya dengan jelas pada ukuran apa pun walaupun akan disusutkan atau dibesarkan. Konsep skalabilitas ini tidak hanya penting untuk menempatkan logo pada produk itu sendiri, ini juga merupakan elemen penting dalam branding.Contohnya, logo bisa saja ditempatkan di kop surat, brosur, poster, ataupun banner.

Nah, logo pun akan diperkecil atau diperbesar sesuai dengan media yang akan ditempatkan. Kalau skala logo Anda tidak bisa disesuaikan, maka nanti akan terlihat tidak bagus. Untuk itu, mempertimbangkan skalabilitas dalam merancang logo bisa dibilang sangat penting untuk kedepannya.

Lakukan Tes Di Dunia Nyata

Sebelum Anda mengambil keputusan akhir tentang desain logo perusahaan Anda, pastikan untuk mengujinya pada beberapa media.

Jangan lupa bahwa logo akan muncul pada platform online dan fisik yang berbeda. Jadi, logo mungkin tampak mengesankan pada kertas cetak, tetapi cari tahu apakah terlihat sama di bagian depan bangunan. Demikian juga, coba di situs web Anda, aplikasi seluler, alat tulis, desain kemasan, kaos, dll.

Gunakan mockup untuk membayangkan bagaimana logo Anda akan terlihat di berbagai media. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki gagasan tentang bagaimana logo akan terlihat di aplikasi dunia nyata.

Berikan Makna

Salah satu hal terpenting untuk membuat kesuksesan desain logo adalah makna atau pesannya.Lebih dari sekadar visual, logo harus secara simbolis menyampaikan makna yang lebih dalam.

Pertama, tulis pernyataan strategi merek Anda di atas kertas. Kemudian, lihat apakah logo menyampaikannya atau tidak. Logo harus merupakan representasi visual ringkas dari merek Anda. Bahkan calon pelanggan Anda harus dapat dengan mudah memahami dan menjelaskan tujuannya.


Beberapa contoh logo :


Tips Membuat Logo Perusahaan
Tips Membuat Logo Perusahaan
Tips Membuat Logo Perusahaan

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membuat logo.Memang terlihat mudah, tetapi banyak hal dibelakang logo yang membuatnya lebih rumit dari kelihatannya. Selamat mencoba, ya!

0 Response to "Tips Membuat Logo Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel