Ads

Jenis-Jenis Bentuk Logo Unik

Logo mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan kesuksesan bisnis. Simbol atau tanda mewakili perusahaan dan mempunyai makna tertentu. Logo merupakan pembeda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Itulah sebabnya kenapa sebuah perusahaan perlu memiliki logo unik yang berbeda dengan logo yang sudah pernah ada.

Tumbuhnya bisnis dan ekonomi di suatu negara menghadirkan perusahaan-perusahaan baru yang beroperasi dan beredar di pasar. Hadirnya perusahaan-perusahaan baru berarti melahirkan logo-logo baru yang semakin banyak. Banyaknya logo-logo perusahaan yang pernah dibuat menjadikan perancangan desain logo unik dan orisinal semakin sulit. Itu merupakan suatu tantangan tersendiri bagi para desainer logo agar lebih kreatif dalam menciptakan karya desain logo baru yang bagus dan unik.

Kamu mencari inspirasi desain logo unik atau sedang berpikir untuk membuat logo baru untuk usaha dan bisnis? Untuk merancang desain logo baru, perlu mengetahui dan memahami berbagai macam bentuk logo unik yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan bentuk desain logo yang cocok. Tidak ada metode yang sempurna dalam proses penciptaan bentuk logo. Sebab itulah, perancangan desain logo perlu menyeimbangkan antara aspek estetika yang meliputi bentuk logo dan aspek fungsional yang mencakup visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Pengembangan ide visual logo dapat dimulai dengan mempelajari bentuk-bentuk logo yang dihasilkan dari sketsa manual. Dari sketsa manual tersebut lalu dikembangkan lebih lanjut secara digital dengan menggunakan teknologi komputer. Bentuk-bentuk logo unik yang dijelaskan di bawah tidak bersifat kaku. Berarti, bentuk logo yang satu bisa digabungkan atau dikombinasikan dengan bentuk logo yang lain sehingga dihasilkan logo yang lebih dinamis.

Jenis Logo Unik Menurut Bentuknya

Berikut ini adalah bentuk-bentuk logo unik yang bisa menjadi referensi dalam upaya pengembangan ide dan konsep logo. Jenis-jenis logo unik digolongkan berdasarkan bentuk atau unsur visual pada logo. Pengelompokan logo mungkin berbeda penggunaaan istilahnya, namun kita bisa mendefinisikan sebuah logo menurut ciri-ciri atau karakteristik bentuknya.

Picture Mark

Picture Mark

Sebuah simbol atau tanda mengandung banyak arti yang sering dipakai dalam logo. Bentuk logo yang memfokuskan simbol atau tanda disebut dengan picture mark. Istilah yang sering dipakai yaitu simbol, ikon atau brandmark. Kelebihan picture mark yaitu simbol logo dapat berdiri sendiri tanpa menggunakan nama perusahaan. Untuk memakai bentuk logo ini, simbol harus dipersiapkan seunik dan sesederhana mungkin agar mudah dikenal dan diingat audiens. Jika sebuah simbol tersebut sudah tertanam kuat dalam pikiran orang, maka penggunaan kata atau tulisan yang menggambarkan nama perusahaan dapat dihilangkan.

Wordmark

Wordmark

Wordmark merupakan logo yang hanya terdiri dari susunan kata (teks) yang bertuliskan nama perusahaan. kamu pasti sangat akrab dengan logo Google yang hanya berupa tulisan saja. Nah, itulah salah satu contoh wordmark. Istilah lain yang sering dipakai yaitu logotypes. Untuk perusahaan yang baru, wordmark merupakan salah satu pilihan agar orang lebih cepat mengingat perusahaan. Wordmark dapat berfungsi secara efektif jika nama merek tergolong unik. Contoh, Canon yang hanya menggunakan nama merek tanpa penggunaan simbol (picture mark).

Lettermark

Lettermark

Hampir sama dengan wordmark, lettermark juga hanya menampilkan nama perusahaan. Bedanya, lettermark merupakan susunan kata berupa singkatan atau inisial. Apabila nama perusahaan terlalu panjang, maka bentuk logo berupa lettermark adalah pilihan yang tepat. Pemakaian lettermark untuk nama merek yang panjang merupakan solusi sederhana yang efektif. Tujuannya, agar audiens lebih cepat menghafal dan mengingat nama perusahaan kita. Misalnya, "Cable News Network" disingkat menjadi CNN. Bayangkan, jika audiens harus mengingat nama perusahaan yang panjang, tentunya akan sulit untuk mengingat perusahaan kita.

Combination Mark

Combination Mark

Sebagian besar logo perusahaan di dunia merupakan kombinasi antara tulisan (wordmark/lettermark) dan simbol (picture mark). kombinasi antara teks dan simbol disebut dengan combination mark. Bentuk logo combination mark memiliki kelebihan, yaitu audiens dapat mengenal nama perusahaan sekaligus mengingat simbol atau ikon. Contoh logo combination mark, yaitu logo situs e-commerce Amazon. Logo Amazon memperlihatkan perpaduan yang harmonis antara teks dengan simbol smiley dan panah yang menghubungkan antara huruf "A" dan "Z". Logo combination mark mempunyai banyak variasi. Logo dengan simbol dan teks yang tak terpisahkan, contohnya logo RCTI dan ada pula yang simbol dan teksnya terpisah seperti logo Total.

Emblem>

Emblem

Bentuk logo emblem sekilas hampir mirip dengan combination mark. Namun, ada ciri khusus yang membedakan keduanya. Logo combination mark, tulisannya muncul di luar bidang dan bisa saja terpisah dengan simbol. Sedangkan logo emblem, tulisannya berada dalam sebuah bidang yang tak terpisahkan. Bentuknya menyamai badge yang menjadi satu kesatuan utuh antara teks dengan bidang.

Contohnya, logo UPS dan Harley-Davidon yang teksnya atau nama perusahaan berada di sebuah bidang perisai dan logo Samsung yang berupa simbol berbentuk oval diagonal dengan nama merek di dalamnya.

0 Response to "Jenis-Jenis Bentuk Logo Unik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel