Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Sekarang kita akan membahas tentang cara mencetak pas foto pada adobe photoshop.

Menggunakan adobe photoshop sebagai aplikasi mengedit foto memang sudah tidak asing lagi. Hampir semua usia mengenal aplikasi adobe photoshop. Dalam setiap metode pekerjaan, setelah desain berhasil maka langsung save. Baik memakai ekstensi jpeg, png maupun lainnya. Lalu di print dengan aplikasi lainnya. Padahal adobe photoshop sendiri memiliki fitur print out / mencetak foto langsung dengan printer.

Masalah bagi awam, menggunakan adobe photoshop untuk membuat pas foto. Namun ketika ingin mencetak pas foto malah menggunakan microsoft word. Sebenarnya tidak salah, namun memakan waktu yang lama. Alangkah cepatnya kalau langsung menyusun foto lalu mencetak langsung pada adobe photoshop. caranya pun tidak susah, sama saja dengan aplikasi lainnya.

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Langkah 1 | Buat Dokumen Kertas A4

Buka adobe photoshop. Pergi ke Menu File > New. Atau tekan CTRL N. Pada pengaturan ukuran kita akan melihat Preset, pilih International Paper dan pada Size gunakan Ukuran Kertas A4. Kalau kertas kita lebih besar yah bisa pakai kertas A3. OK.

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Langkah 2 | Buka Pas Foto Ke Kertas A4

Setelah lembar kerja sudah jadi. Maka selanjutnya membuka pas foto yang sudah kita buat.

Pergi ke Menu File > Open atau CTRL O. Cari foto kita lalu klik Open dan atur penempatannya. Usahakan tidak terlalu ke pinggir agar printer tidak susah mendeteksi objek.

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Langkah 3 | Perbanyak Pas Foto

Sekarang kita akan memperbanyak pas foto dengan teknik drag. Pastikan kita bekerja di layer foto dengan cara klik layer foto.

Pergi ke dokumen, tekan Alt Shift dan tahan lalu klik dan tarik foto ke samping hingga menjadi 2 dan lepas mousenya. Maka pas foto sudah menjadi 2.

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Gunakanlah langkah yang sama seperti diatas sampai menghasilkan susunan pas foto dalam satu lembar kerja sesuai kebutuhan sobat.

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Langkah 4 | Mencetak Pas Foto

Pada setiap aplikasi, perintah untuk mencetak / print sama, yaitu CTRL P. Maka pengaturan printer akan terbuka.

  1. Printer setup = Pilih jenis printer kita.
  2. Copies = Jumlah lembar kalau mau mencetak pas foto.
  3. Print Setting = Kalau mau baik hasilnya, usahakan mencetak pas foto menggunakan kertas foto ( Glossy ), untuk pengaturannya.
  4. Layout = Landscape dan Vertikal. Pilih Vertikal.
  5. Position and Size = Pastikan Scale 100% dan Height, Widht sesuai ukuran A4. Ini sebenarnya otomatis, jadi tidak perlu di otak atik.
  6. Selebihnya biarkan saja. Kemudian Klik Print

Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop

Langkah selanjutnya, tinggal menunggu hasil cetakan dari printer kita. Semakin tinggi kualitas yang sobat berikan pada pengaturan, maka semakin baik juga hasil cetak fotonya.

Mungkin hanya sekian cara mencetak pas foto pada adobe photoshop menurut Desainku. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mencetak Pas Foto Pada Adobe Photoshop"