Mengenal Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Dalam aplikasi adobe photoshop terdapat beberapa tools yang mempunyai fungsi masing-masing. Semuanya bisa dibilang penting, karena akan ada efek yang dihasilkan setiap tools itu. Untuk kali ini, kita akan fokus membahas tool seleksi adobe photoshop. Pada Toolbox adobe photoshop terdapat beberapa tools, yang penempatannya sudah tersusun. Di pembahasan kali ini kita akan mengenal tool seleksi pada adobe photoshop. Agar proses desain menggunakan adobe photoshop lebih kompleks lagi.

Selection tool atau bahas indonesianya adalah alat seleksi. Banyak pengguna adobe photoshop sudah merasa hebat, padahal ada juga tool seleksi belum di kuasai. Padahal hampir setiap proses pekerjaan adobe photoshop menggunakan tool seleksi.

Mengenal Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop

Dibawah ini adalah contoh gambar toolbox adobe photoshop, yang di beri kode berwarna merah berarti itu semua adalah alat untuk seleksi objek pada adobe photoshop.

Mengenal Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop

Manfaat Mengetahui Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop

Gambar diatas yang sudah diperlihatkan beberapa tools seleksi pada adobe photoshop. Mulai dari Marquee tools sampai dengan Magic Wand tool. Manfaat ketika menguasai penggunaan tool seleksi ini adalah:

  • Kita akan mampu membuat objek terpisah dengan mengambil sebagian dari objek tersebut menggunakan tool seleksi.
  • Menghilangkan background dengan objek utama.
  • Mengganti jenis warna yang di inginkan.
  • Dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri Objek Terseleksi

Ciri-ciri dari objek yang sedang terseleksi adalah dengan adanya garis semut-semut atau bisa juga dikatakan garis putus-putus yang berkedip-kedip. Jika kita mendapatkan kejadian seperti ini, berarti objek sedang terseleksi. Dan untuk menghilangkan garis seleksi ini tekan CTRL D (deselection) pada keyboard kita.

Mengenal Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop

Macam-macam Tool Seleksi Adobe Photoshop dan Fungsinya

Dari semua tool seleksi adobe photoshop, pasti intinya adalah menyeleksi objek. Namun setiap tool pasti memiliki perbedaan maupun kelebihan. Adapun Fungsi dari masing-masing alat seleksi tersebut seperti berikut :

  1. Marquee Selection Tool
  2. Marquee selection tool memiliki 4 sub tool dengan fungsi berbeda beda. Diantaranya:

    • Rectangular Marquee Tools
    • Rectangular Marquee Tools berfungsi untuk membuat seleksi dengan bentuk persegi. Untuk mengaktifkanya cukup tekan M atau klik pada ikonnya di toolbox adobe photoshop.

    • Elliptical Marquee Tools
    • Elliptical Marquee Tools berfungsi untuk menyeleksi objek dengan bentuk dasar lingkaran. Untuk mengaktifkannya cukup tekan Shift M , atau klik ikonnya di toolbox adobe photoshop.

    • Single Row Marquee Tool
    • Single Row Marquee Tool berfungsi untuk menyeleksi objek secara horizontal. Biasa juga dipakai untuk membuat garis lurus. Bentuk dari Single Row marquee tool adalah sangat tipis, ukurannya hanya 1 pixels.

    • Single Colum Marquee Tool
    • Single Colum Marquee Tool fungsinya sebenarnya mirip dengan single row, tetapi perbedaannya Single colum arahnya Vertikal.

  3. Lasso Selection Tools
  4. Lasso Selection Tools memiliki tiga sub tool. Untuk mengaktifkan tool ini cukup menekan L, jika ingin tool deretan selanjutnya, maka tambahkan Shift L. Maka tool selanjutnya akan terpilih.

    • Lasso Tool
    • Lasso Tool, berfungsi untuk membuat seleksi dengan cara menggaris disekitar objek yang ingin diseleksi. Jadi menggunakan tool ini seolah kita sedang membuat garis dengan ujungnya tetap bertemu pangkalnya.

    • Polygon Lasso Tool
    • Polygon Lasso Tool, berfungsi untuk menyeleksi objek dengan titik-titik yang ditentukan. Seleksi kita nantinya akan berbentuk polygon tertutup.

    • Magnetic Lasso Tool
    • Magnetic Lasso Tool, fungsinya hampir sama dengan 2 tool seleksi diatas. Akan tetapi tool ini memiliki sistem yang otomatis. Karena, kita hanya tinggal menentukan titik pertama, lalu jalankan kursornya, maka garis seleksi dengan sendirinya terbentuk mengikuti warna yang ada pada objek.

  5. Quick Selection Tool
  6. Quick Selection Tool, berfungsi membuat seleksi dengan sistem meraba warna yang saling berbatasan. Untuk mengaktifkannya tekan W pada keyword atau klik iconnya di toolbox.

  7. Magic Wand Tool
  8. Magic Wand Tool, berfungsi untuk membuat seleksi pada objek sesuai warna yang sama dengan yang kita pilih. Namun tetap berada di ruang lingkup objek itu sendiri. Ini adalah salah satu tool seleksi favorit. Karena kalau cuma ingin mengganti warna background pada pas foto, pake tool ini hanya dengan sekali klik. Tekan Shift W untuk menggunakan tool ini.

Mungkin hanya sekian pembahasan kali ini tentang mengenal tool seleksi pada Adobe Photoshop. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Mengenal Tool Seleksi Pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel