Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Untuk kali ini kita akan membahas fungsi dan cara menggunakan layer pada Adobe Photoshop. Kita langsung saja ke pembahasannya.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Pada Adobe Photoshop

Pada aplikasi Adobe Photoshop, letak layer berada pada Layer Panel Adobe Photoshop. Layer panel adalah kotak dimana terdapat beberapa icon untuk mengatur layer didalamnya. Dibawah ini, kita akan melihat nomor pada tiap fitur dalam layer panel. Kita bahas fungsi masing-masing fitur pada layer panel tersebut serta cara menggunakannya.

Sebelum memulainya, kita harus tahu dulu cara menampilkan layer panel adobe photoshop. pergi ke menu Windows > Layers. Atau bisa dengan tekan F7.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Pada Adobe Photoshop

  1. Kind
  2. Kind berfungsi untuk mencari layer sesuai kategori. Contohnya ketika kita memiliki layer yang banyak pada pekerjaan. Maka dengan menggunakan Kind kita bisa mencari layer secara spesifik misalnya mencari layer dari nama,effect, dll.

  3. Blending Layer
  4. Blending Layer berfungsi untuk memberikan efek pencampuran pada layer satu dengan lainnya. Misalnya ketika kita memiliki dua layer, coba berikan blend Multiply pada layer paling atas, pasti kedua layer tersebut akan terlihat menyatu. Blend Layer memiliki beberapa pilihan yang masing masing punya ciri khas.

  5. Lock Layer
  6. Lock Layer berfungsi untuk mengunci layer. Terdapat 4 kategori yaitu, Lock transparent pixel, Lock pixel, Lock Position dan Lock all. Masing-masing memiliki fungsi. Contohnya Lock position berguna mengunci layer agar tidak bisa bergerak. Lock layer memang sangat berguna pada saat tertentu, sehingga proses pekerjaan lebih terstruktur dan bagian layer lainnya tidak terganggu.

  7. Visibility
  8. Visibility fungsinya untuk membuat layer terlihat dan tidak terlihat. Cukup klik di ikon mata tersebut.

  9. Opacity
  10. Opacity berfungsi untuk membuat layer terlihat transparan. Semakin kecil nilai persennya maka semakin transparan gambar yang ada, kalau sudah 0% berarti gambar tidak terlihat lagi.

  11. Fill
  12. Fill fungsinya sama dengan Opacity. Namun ketika kita menggunakan layer style / blending options, maka berapapun nilai Fill yang diberikan tidak akan berdampak pada gambar. Contohnya memberikan Drop Shadow pada layer, lalu kurangi Fill nya, pasti efek Drop shadow tidak terganggu.

  13. Adjustment Layer
  14. Adjustment Layer berfungsi untuk mengatur kualitas warna pada gambar. Kita bisa memilih adjusment mana yang ingin di gunakan oleh kita, klik icon pada nomor 13.

  15. Layer Smart Object
  16. Layer Smart Object berfungsi agar ketika memberikan efek pada layer gambar utama tidak terganggu, namun efek tetap terlihat. Kita juga bisa memberikan beberapa efek secara bersamaan dan bisa mengatur ulang efek tersebut.

  17. Layer
  18. Layer, ini adalah bentuk dari layer secara umum. Sementara gambar kotak tersebut disebut Layer Thumbnail. Gambaran kecil terhadap layer. Layer thumbnail juga ada fungsinya, yaitu kita bisa seleksi layer secara mudah. Coba tahan CTRL lalu klik layer thumbnail, maka layer akan terseleksi secara keseluruhan.

  19. Layer Background
  20. Layer Background itu ketika membuat foto pertama pada adobe photoshop, pasti nama layer kita otomatis menjadi Background dan modenya terkunci.

  21. Add Layer Style
  22. Add Layer Style berfungsi untuk menambahkan efek pada layer. Mulai dari Stroke,inner shadow, dll. Alternatifnya adalah dengan klik kanan pada layer kemudian pilih Blending Options.

  23. Add Layer Mask
  24. Add Layer Mask berfungsi untuk menambahkan layer mask pada layer utama.

  25. Add Fill dan Adjusment Layer
  26. Add Fill dan Adjusment Layer adalah pilihan untuk menambahkan adjusment layer. Setelah terpilih maka bentuknya akan seperti nomor 7.

  27. Create New Group
  28. Create New Group berfungsi untuk membuat layer menjadi satu grup. Kita bisa menyatukan beberapa layer sekaligus dalam satu grup. Grup sangat baik diterapkan jika layer sudah terlalu banyak. Misalnya membuat brosur, pada bagian atas kita memiliki 7 layer dengan gambar berbeda. Maka gabungkan saja semuanya dan beri nama "bagian atas". Perintah keyboard membuat grup adalah Ctrl + G, sementara untuk membuat grup menjadi pecah "Ctrl + Shift + G".

  29. New Layer
  30. New Layer untuk membuat layer kosong baru. Cara cepatnya adalah dengan menekan Crtl + Shift + N. Layer akan muncul diatas layer sebelumnya. Kalau ingin layer muncul dibawah maka tahan Ctrl lalu klik icon layer tersebut.

  31. Delete Layer
  32. Delete Layer berfungsi untuk menghapus layer yang di inginkan. Tinggal pilih layer kemudian klik Icon Tong Sampah tersebut. Atau bisa juga, drag layer ke icon tersebut.

  33. Layer Mask
  34. Layer Mask, kalau di nomor 12 kita sudah pilih. Maka bentuk dari layer mask itu sendiri seperti ini. Akan tampil layer disamping layer utama. Fungsi layer mask adalah menyembunyikan bagian gambar tertentu dengan sistem hitam putih.

  35. Indicate Layer Effect
  36. Indicate Layer Effect yaitu ketika sudah menambahkan efek pada layer. Maka icon ini akan tampil dibagian kanan. Untuk menambahkannya cukup klik nomor 11 dan pilih mana yang mau digunakan.

    Fitur lain pada layer yang terlihat ketika kita klik kanan yaitu Clipping Mask. Fungsi layer clipping mask adalah untuk membuat bentuk layer dibawah mengikuti layer diatas. Kita akan diajarkan membuat bentuk wajah mengikuti bentuk coretan.

Seperti itulah Fungsi dan cara menggunakan layer pada Adobe Photoshop. Masing-masing memilki kelebihan untuk mengatur layer. Kalau mau mahir Adobe Photoshop maka langkah awal memang harus menguasai penggunaan layer karena disinilah keutamaan dalam editing foto menggunakan Adobe Photoshop.

Mungkin hanya sekian pembahasan tentang fungsi dan cara menggunakan layer pada Adobe Photoshop menurut Desainku. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih.

0 Response to "Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel