Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Kali ini kita akan membahas cara membuat dokumen baru pada Adobe Photoshop. Ini adalah langkah yang pertama kali harus kita lakukan setelah membuka aplikasi Adobe Photoshop dan sebelum membuat projek yang akan kita kerjakan.

Adobe Photoshop merupakan aplikasi grafis untuk mengedit dan membuat gambar. Adobe Photoshop memang sudah sangat populer dikalangan masyarakat, karena fiturnya yang banyak serta mudah digunakan. sebagai pemula Adobe Photoshop, sobat harus mengetahui cara membuat dokumen baru pada Adobe Photoshop, inilah dasar Adobe Photoshop untuk memulai mengedit atau membuat gambar.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Kata dokumen baru pasti sudah sering kita dengar. Dimana setiap pekerjaan pasti memerlukan tahap membuat file baru, lembar kerja baru. Pada tahap membuat dokumen baru, ada beberapa pengaturan yang harus kita penuhi, mulai dari ukuran kertas, resolusi gambar, dan juga color mode. Ketika pengaturan tersebut akan menentukan besaran file kita setelah selesai bekerja. Semakin besar ukuran dan resolusi maka semakin besar juga kapasitas gambar yang tercipta.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Langkah 1

Buka Aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian Pergi ke Menu File > New. Sesudah itu akan muncul pengaturan untuk membuat lembar kerja baru ( dokumen baru ). Cara cepatnya, tekan ( CTRL N ) pada keyboard.

  1. Name = Nama dokumen kita.
  2. Preset = Pilihan untuk ukuran kertas yang sudah disetting oleh Adobe Photoshop. Didalamnya sudah ada ukuran kertas A4, A3, Letter dsb. Jika kita mau mengatur ukuran sendiri, maka pilih Custom.
  3. Width ( lebar ) dan Heigth ( tinggi ) = Ukuran lembar kerja dihitung dengan rumus Panjag x Lebar. Disampingnya adalah satuan ukuran, kita bisa menggunakan selain pixels, seperti centimeter, milimeter,inchi dsb.
  4. Resolution = Kualitas gambar yang akan dihasilkan. Standarnya adalah 300 DPI ( dot per inchi ). Semakin tinggi nilai resolusi maka akan semakin halus gambar yang dihasilkan.
  5. Color Mode = Pengaturan warna yang akan kita pakai, dan yang paling sering dipakai adalah RGB. Namun jika kita membuat desain untuk di print sebaiknya pakai CMYK karena semua jenis print menggunakan pengaturan CMYK.
  6. Background Content = Warna dari lembar kerja. Ada tiga pilihan yaitu White ( putih ), Black ( hitam) dan Transparent ( transparan ).
  7. Klik Ok untuk memulai pekerjaan desain.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Langkah 2

Penampilan ketika kita sudah membuat dokumen baru adalah seperti dibawah ini. Kita langsung dibawa ke workspace pada Adobe Photoshop. Sekarang waktunya untuk membuat desain.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Langkah 3

Jika kita ingin mengedit lebih dari satu lembar kerja pada Adobe Photoshop. Maka Kobat akan mendapatkan kejadian seperti ini.

Setiap lembar kerja akan memiliki tempat masing-masing. Kita bisa melihat namanya dibagian atas workspace pada Adobe Photoshop. Untuk membukanya cukup klik nama dokumen.

Kejadian lain adalah, minimize dokumen pekerjaan pada Adobe Photoshop. Teknik bekerja seperti digunakan jika kedua dokumen saling berhubungan atau dokumen lain dijadikan referensi, jadi lebih mudah untuk dilihat.

Untuk melakukannya, cukup Klik naman dokumen > lalu tarik kebawah.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Sedangkan untuk membuat keadaan kembali seperti semula, klik dan geser kembali ke tempatnya.

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Kurang lebih seperti itulah tata cara membuat dokumen baru pada Adobe Photoshop. Intinya adalah, kita harus mengetahui ukuran dari desain, sampai dimana kualitas yang akan dihasilkan, terakhir sesuaikan dengan kemampuan komputer. Soalnya, semakin besar ukuran gambar dan resolusinya maka akan semakin banyak memakan RAM komputer. Bisa-bisa malah lambat dan Error ketika kita mengerjakan projek tersebut karena spek komputer tidak memadai.

Hanya sekian cara membuat dokumen baru pada Adobe Photoshop menurut Desainku. Selamat mencoba dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop"