Cara Membuat Pas Foto pada Adobe Photoshop

Hallo sahabat Desainku. Kemarin kita sudah membahas Cara Crop Foto pada Adobe Photoshop dengan Mudah, nah sekarang kita akan membahas tentang cara membuat pas poto pada Adobe Photoshop. Metodenya sama dengan hal nya crop pada Adobe Photosop, akan tetapi kita akan lebih dalam mempelajarinya.

Pas foto merupakan satu bukti identitas diri yang digunakan untuk berbagai macam persyaratan kegiatan. Pada umumnya, pas foto hanya tampak wajah depan dari atas kepala hingga bagian dada saja. Walaupun pada beberapa kebutuhan, pas foto akan tampak seluruh badan atau hingga pinggang. Namun, akan sangat jarang kita temukan persyaratan seperti itu.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa ukuran pas foto yang sering digunakan yaitu 2×3 cm, 3×4 cm, dan 4×6 cm. Dalam ketentuan standar, wajah setidaknya harus tampak 70 – 80 persen dari keseluruhan foto. Sehingga, ukuran badan bagian atas tidak terlalu dominan pada pas foto.

Kemudian, jika bicara mengenai pas foto maka pertanyaan selanjutnya yaitu warna latar belakang atau background. Beberapa warna latar belakang yang sering digunakan yaitu merah, biru dan putih. Bahkan pada pembuatan e-KTP, pas foto yang diminta yaitu warna merah dan biru. Di mana background dengan warna merah dikuhususkan untuk penduduk yang lahir pada tahun ganjil dan sebaliknya background warna biru untuk penduduk yang lahir pada tahun genap.

Walaupun pas foto bukan merupakan kebutuhan primer sehari-hari, namun pas foto sangat diperlukan saat melamar kerja, mendaftar sekolah, rapor sekolah, surat kelulusan sekolah atau ijazah, ID Card, membuat dokumen identitas seperti KTP, SIM, passport, surat nikah, dan lain sebagainya. Sebenarnya, pada sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan jasa pas foto agar tidak ribet memikirkan cara foto, mengedit, hingga mencetaknya. Namun, kita harus rela mengeluarkan uang lebih dibandingkan membuat pas foto sendiri. Apalagi zaman sekarang setiap orang yang menggunakan HP sudah memiliki kamera yang sangat mumpuni. Terlebih lagi jika orang yang memiliki kamera digital atau kamera DSLR. Kita langsung saja ke pembahasannya.

Cara Membuat Pas Foto pada Adobe Photoshop

Ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu untuk membuat pas foto sendiri seperti hasil profesional. Pembahasan kali ini akan membantu hingga menuntun kita terkait hal apa saja yang perlu dipersiapkan. Yuk simak langkah-langkah cara membuat pas foto pada Adobe Photoshop berikut.

Pahami Kriteria Pas Foto yang Dibutuhkan

  1. Sebaiknya pahami terlebih dahulu kriteria pas foto yang dibutuhkan. Karena pada beberapa persyaratan memiliki kriteria tersendiri untuk membuat pas foto. Hal-hal yang harus kita perhatikan adalah mengetahui bagian porsi tubuh mana yang akan di foto. Pada umumnya, hanya dari bagian atas kepala hingga dada saja. Namun tidak menutup kemungkinan pas foto yang diminta dengan kriteria lain. Jadi sesuaikan ukuran pas foto dengan posisi foto.
  2. Lalu tentukan ukuran pas foto yang diminta. Penggunaan pas foto di Indonesia yaitu:
    • Pas foto ukuran 2×3 cm (20×30 mm atau 0,7×1.1 inchi).
    • Pas foto ukuran 3×4 cm (30×40 mm atau 1.1×1.5 inchi).
    • Pas foto ukuran 4×6 cm (40×60 mm atau 1,5×2,3 inchi).
  3. Kemudian ketahui warna latar belakang atau background dari sebuah pas foto.

Siapkan Alat dan Bahan

  1. Langkah selanjutnya yaitu siapkan file foto untuk kemudian akan dibuat menjadi pas foto.
  2. Download dan install aplikasi Adobe Photoshop di komputer kita. Pada artikel ini, saya menggunakan aplikasi Photoshop CS6. Tidak masalah jika kita boleh menggunakan versi yang lain, karena tampilannya tidak jauh berbeda.

Crop Foto Sesuai Ukuran Pas Foto

  1. Buka Photoshop > buka foto dengan cara tekan tombol ctrl + O lalu pilih foto lalu OK
  2. Kemudian pilih Crop pada toolbox.
  3. Selanjutnya lakukan crop atau pemotongan dengan cara klik kiri pada bagian atas kiri lalu tahan dan lepas pada bagian kanan bawah. Sesuaikan lokasi crop dan posisi foto dengan cara menggeser > Lalu tekan Enter, maka foto akan terpotong sesuai kebutuhan.

Seleksi Foto

  1. Ubah foto menjadi layer dengan cara double click atau klik dua kali pada tulisan Backgound di panel layer. Apabila panel tidak muncul, silakan pilih menu window lalu pilih layers.
  2. Biarkan saja nama layer tetap Layer 0, jadi langsung saja klik OK.
  3. Pilih ikon toolbox seperti gambar di bawah ini lalu pilih bagian Polygonal Lasso Tool.
  4. Nah, masuk ke tahap yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Seleksi bagian foto dengan cara klik kiri untuk membuat poin/titik. Usahakan titik-titik yang dibuat rapat-rapat agar detail yang dihasilkan bagus terutama pada bagian yang melengkung. Lakukan hingga titik-titik menyeleksi seluruh foto dengan menyatukan titik pertama dan titik terakhir. Untuk memudahkan dalam melakukan seleksi ini, kita dapat melakukan hal berikut:
    • Zoom In untuk memperbesar foto agar foto lebih detail, tekan ctrl + (+).
    • Zoom Out untuk memperkecil foto agar foto tidak terlalu dekat, tekan ctrl + (-).
    • Drag untuk menggeser foto, tahan tombol spasi bersamaan dengan menggeser foto menggunakan mouse.
    • Delete untuk menghapus poin/titik, tekan tombol Delete.
  5. Jika titik pertama dan titik terakhir telah bersatu, maka foto akan terseleksi menjadi garis putus-putus.

Edit Foto dengan Smooth dan Feather

  1. Pilih Select pada menubar > Pilih Modify > Pilih Smooth.
  2. Isi nilai sample radius sesuai kebutuhan. Range umumnya yaitu nilai 2 sampai dengan 4 > Pilih OK.
  3. Selanjutnya pilih Select pada menubar > Pilih Modify > Pilih Feather atau dengan cara tekan tombol Shift + F6.
  4. Lalu isi nilai feather radius sesuai kebutuhan. Range umumnya yaitu 1 sampai dengan 1,5 > lalu klik OK

Ubah Warna Background

  1. Tekan tombol Delete pada keyboard kita maka background akan terhapus.
  2. Lalu tambahkan background pada pas foto dengan cara menduplikasikan layer yaitu klik kanan pada layer 0 > pilih duplicate layer atau tekan tombol ctrl + j sebagai shortcut duplikat.
  3. Biarkan saja nama layer baru layer 0 copy lalu klik OK.
  4. Maka panel layer akan bertambah menjadi dua. Aktifkan layer 0 dengan cara klik pada layer 0.
  5. Lalu pilih warna kedua pada toolbox > lalu pilih warna yang sesuai dengan kebutuhan persyaratan pas foto > klik OK.
  6. Maka background telah berubah dan pas foto sudah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam bentuk format jpg, png maupun format lainnya. Simpan juga dalam bentuk format psd agar apabila ingin mengubah latar belakang tidak harus mengulang edit dari langkah pertama.

Berikut adalah hasilnya dari sebelum dan sesudah.

Cara Membuat Pas Foto pada Adobe PhotoshopSebelum

Cara Membuat Pas Foto pada Adobe PhotoshopSESUDAH

Mudah bukan cara membuat pas foto pada Adobe Photoshop? Apabila kita sudah mengetahui cara membuat pas foto maka kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk sesuatu yang sebenarnya bisa kita lakukan. Apalagi jika hasil yang diperoleh tidak jarang mengecewakan. Agar hasil seleksi yang kita buat lebih terlihat seperti jasa profesional, sebaiknya kita rajin untuk melatih tangan kita.

Sekian pembahasan tentang cara membuat pas poto pada Adobe Photoshop menurut Desainku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Pas Foto pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel