Mengenal Layer Pada Adobe Photoshop

Hello teman Desainku. Sebelum kita mengenal layer pada Photoshop, kita harus mengetahui apa Photoshop itu. Photoshop yaitu perangkat lunak edit foto dan desain yang sangat bagus dengan banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk banyak alat yang kadang-kadang tampak luar biasa. Tapi Photoshop bukan hanya untuk para profesional.

Dengan sedikit bantuan, kamu dapat dengan mudah belajar sendiri bagaimana menggunakannya untuk menciptakan grafis yang menarik dan indah. Berikut ini saya mencoba memberikan panduan dan tutorial tentang cara menggunakan Photoshop untuk pemula. Baik itu cara menggunakan Photoshop CS3, cara menggunakan Photoshop CS4, cara menggunakan Photoshop CS5, cara menggunakan Photoshop CS6, dan cara menggunakan Photoshop CC.

Sekarang sahabat Desainku, kita bahas tentang layer pada Photoshop.

LAYER

Layer pada photoshop yaitu kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan suatu objek, atau di sebut juga sebagai kanvas untuk sebuah objek layer dalam photoshop, yang digunakan untuk mengedit objek tertentu.

Dengan adanya layer kita akan lebih mudah mengedit suatu objek tanpa menggangu objek lainya, hal ini jika kita membuat objek lebih dari satu.

Anda dapat mengatur komposisi layers dengan cara mengubah atribut dan urutan layers. Sebagai tambahan, corak khusus seperti adjustment layers, fill layers, dan layers style yang dapat diterapkan untuk memberikan efek khusus pada layers.

Apa Kegunaanya?

Nah sahabat Desainku, layer itu bisa digunakan untuk gambar, warna latar belakang, pola, teks, dan filter.

Saya suka berpikir tentang layer sebagai lembaran triplek yang ditumpuk di atas satu sama lain yang akan saya gunakan untuk membuat produk akhir. Setiap lembar dapat dimodifikasi secara individual dan tidak mempengaruhi proyek secara keseluruhan, yang dapat menghemat waktu saat melakukan pengeditan untuk masing-masing elemen grafik kamu.

Mengenal Layer Pada Adobe Photoshop

Layer yaitu elemen dalam Photoshop yang paling penting.Menurut saya, mereka itu adalah salah satu alasan mengapa banyak orang mengangkat tangan mereka dan frustrasi. Tetapi begitu kamu memahami cara kerjanya, saya berjanji mereka akan membuat hidup kamu lebih mudah.

Di Mana Letaknya?

Layer memiliki modul sendiri di sudut kanan bawah layar pada Photoshop kamu secara default.Kamu juga dapat mengaksesnya dengan mengklik "Layer" di bilah menu atas.

Mengenal Layer Pada Adobe Photoshop

Pro Tips

Selalu beri nama layer kamu dan menyimpannya secara teratur akan membantu kamu tetap waras, terutama jika kamu mengerjakan proyek dengan sejumlah besar layer.

Untuk Menambah atau Menghapus Layer

Dari bilah menu atas, pilih Layer -> New -> Layer.

Untuk Memilih Layer

Layer yang dipilih disorot dengan warna biru. Untuk mengedit bagian tertentu dari gambar Anda, Anda harus memilih layer tertentu.

Anda juga akan melihat ada simbol "mata" di samping setiap layer: Klik simbol itu untuk menyalakan dan mematikan mata, sehingga mengubah visibilitas layer saat Anda bekerja.

Untuk Menduplikat Layer

Pertama, pilih layer atau grup di panel Layer. Selanjutnya, seret layer atau grup ke tombol Create a New Layer, atau klik kanan layer untuk memilih "Duplicate Layer" atau "Duplicate Group." Masukkan nama untuk layer atau grup baru, dan klik OK.

0 Response to "Mengenal Layer Pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel